Hendra, Nelayan Lobster Ditangkap. AF Jaminkan Diri Meski Tidak Dikenalnya

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sikap ketaladanan anggota DPR RI Akbar Faizal, wajib ditiru. Ia rela menjaminkan dirinya hanya untuk membebaskan Hendra, nelayan lobster dari Jatim.

Berikut ini curahatan hati Akbar Faizal yang viral di media sosial:

Informasinya sy terima tadi siang bhw Hendra, anak muda kreatif dari Jember yg menerima banyak penghargaan atas berbagai inovasi dan kegiatannya yg bermanfaat bagi masy sekitarnya ditangkap Polres Jember Jatim dgn tuduhan melanggar PerMen KKP ttg larangan penangkapan lobster. 60 bak budidaya lobsternya disita dan 6.000an lobster milik 40-an nelayan di Puger mati.

Sy sama sekali tak berniat mencampuri proses hukumnya. Namun peduli pada upayanya melibatkan masy sekitar. Pelarangan berbagai proses penangkapan budidaya laut termasuk cantrang berdampak pada kehidupan nelayan, termasuk di Dapil saya terkhusus di Pangkep, Sinjai, Bulukumba dan Bone di Sulsel. Jarak Jember dan dapil saya sgt jauh tp, menurutku, Hendra berhak mendapatkan perhatian dan bantuan tanpa mencampuri proses hukumnya. Maka sy mengontak bbrp pihak khususnya Kapolres Jember AKBP Kusworo dan Kapolda Jatim Irjen Pol Mahfud. Permintaan saya agar Hendra cukup ditahan luar saja dan proses hukum tetap jalan. Ada banyak pertimbangan saya melakukan ini. Meski sama sekali tak mengenal siapa Hendra namun feeling saya anak muda kreatif ini terpaksa melakukan itu akibat berbagai larangan kementerian Ibu Susi tlh menekan kehidupan ekonomi dirinya dan masy sekitarnya.

Kapolda Jatim merespon positif permintaan saya namun meminta ada dari pihak keluarga Hendra yg menjadi penjamin. Sy bahkan menawarkan diri jadi penjamin meski tak mengenalnya. Alhamdulillah.

Baru saja, malam ini, Kapolres Jember menghubungi saya bahwa proses penahanan luar Hendra bisa dilakukan paling lambat esok hari. Anak buahnya sendiri yg mencari dan menemukan keluarga Hendra di Bondowoso. Sy sempat berbicara dgn ayah Hendra lewat HP Kapolres, Bpk. Sutaji, tentang proses yg hrs dihadapi hendra dan pihak keluarganya. “Ini Pak Akbar yg sering di televisi itu ya?”, tanyanya diseberang sambungan telepon sambil mengucapkan terima kasih.

Dari proses spt ini, sy semakin yakin ada bbrp hal yg perlu dilakukan pemerintah c/q Kementerian KKP dlm menegakkan aturan yg sy yakin bertujuan bagus ini namun perlu langkah2 pendamping utk menyelamatkan kehidupan masy nelayan yg terpukul akibat aturan tersebut. Warga di Dapil saya telah merasakan akibatnya.

Sy mengucapkan terima kasih kpd Kapolda Jatim dan Kapolres Jember yg begitu reaponsif utk hal ini. “Kami akan melakukan langkah2 yg perlu utk sdr. hendra pak sebab sy lihat sendiri anak ini berprestasi. Tp proses hukumnya tetap akan berjalan pak,” kata Kapolres. Sy sgt memahami langkah kepolisian ini. Bangsa ini akan besar dlm segala hal jika para pihak khususnya penyelenggara pemerintahan menyisipkan rasa kemanusiaan pada setiap keputusannya.



loading...

Feeds

lutra, luwu utara, adv pemkab lutra, adv lutra, bupati lutra, indah putri indriani, bupati cantik

Bupati Lutra: SOP Wajib Dipublikasikan

STANDAR Operasional Prosedur (SOP) adalah kumpulan peraturan yang dibuat untuk mempermudah seseorang/kelompok/organisasi dalam bekerja. Dalam instansi pemerintahan, SOP berfungsi untuk …