Bupati Indah: Jadilah Pahlawan Jaminan Kesehatan bagi Sesama

Indah Putri Indriani

Indah Putri Indriani

BUPATI Luwu Utara Indah Putri Indriani mengajak seluruh pemangku kepentingan utama, baik lembaga pemerintah, swasta maupun vertikal, untuk bersama-sama menjadi pahlawan jaminan kesehatan bagi sesama manusia.

“Jaminan kesehatan nasional adalah kewajiban kita untuk mereka yang berhak mendapatkan jaminan kesehatan, khususnya bagi sektor pemberi kerja, pekerja, pegawai pemerintah non ASN. Intinya, kita harus bisa menjadi pahlawan jaminan kesehatan bagi sesama,” ujar Indah saat membuka Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama dalam rangka Sosialisasi Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017 dan Instruksi Bupati Luwu Utara Nomor 2 Tahun 2018, Kamis (22/2), di Aula La Galigo Kantor Bupati, yang dilaksanakan BPJS Kesehatan Cabang Palopo.

Bupati Indah Putri Indriani mengatakan, BPJS Kesehatan wajib menyelenggarakan program jaminan kesehatan nasional bagi seluruh penduduk Indonesia, termasuk orang yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia, termasuk mereka yang bekerja di tempat-tempat usaha atau perusahaan lainnya.

“Tuntutan kewajiban tersebut dasarnya ada di Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945) pasal 34 di mana negara mengembangkan jaminan sosial bagi rakyat Indonesia.

Salah satu jaminan itu adalah perlindungan di bidang kesehatan,” terang Indah Putri Indriani di hadapan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo Yusef Eka Darmawan, Kajari Luwu Utara Andi Mirnawaty, dan Sekda Abdul Mahfud yang turut hadir.

Di Kabupaten Luwu Utara sendiri, kata Indah Putri Indriani, sistem jaminan kesehatan dengan konsep gotong royong atau transfer resiko sebenarnya sudah dilaksanakan, namun belum maksimal, disebabkan oleh beberapa hal. “Memang belum maksimal, tapi pemerintah daerah sangat peduli terhadap hal ini. Terbukti, kita mengeluarkan beberapa regulasi terkait hal tersebut berupa Peraturan Bupati Nomor 50 Tahun 2017 dan Instruksi Bupati Nomor 2 Tahun 2017. Hal ini menjadi kebijakan pemerintah daerah agar dapat dilaksanakan oleh seluruh pihak,” pungkas Bupati beralias IDP ini.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palopo dengan Kantor Kementerian Agama Luwu Utara tentang penyelenggaraan program JKN bagi jamaah haji, petugas haji, calon pengantin/pra nikah, yang disaksikan Bupati Luwu Utara. Selain itu dilakukan juga penandatanganan perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan KC Palopo dengan PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Palopo tentang Program Corporate Social Responsibility JKN bagi anak yayasan/panti asuhan Al Hijrah Masamba yang juga disaksikan Bupati Luwu Utara. (rls/pojoksulsel)

 



loading...

Feeds