Real Madrid Vs PSG: Perang Bintang

Neymar - Twitter @PSG_English

Neymar - Twitter @PSG_English

POJOKSULSEL.com – Santiago Bernabeu, stadion milik Real Madrid, bakal gemerlap pada Kamis (15/2/2018) dini hari WIB. Maklum saja, dua klub bertabur bintang bakal berduel di atas lapangan hijau, Madrid menjamu Paris Saint-Germain dalam leg pertama babak 16-besar Liga Champions 2017-2018.

Bisa dibilang perang bintang bakal tersaji di Santiago Bernabeu. Madrid dan PSG memang diperkuat sejumlah pemain bintang yang tengah bersinar terang. Sebagai pemain bintang, korelasinya adalah pada harga atau value. Berdasar CIES Football Observatory, value skuad PSG mencapai EUR 805 juta. Tim asuhan Unai Emery itu hanya kalah dari Manchester City yang memiliki value sebesar EUR 878 juta.

Sementara itu, Los Merengues – julukan Madrid, memiliki value sebesar EUR 497 juta. Mereka kalah jauh lantaran pada musim ini tak terlalu aktif di bursa transfer.

Sorotan pun jelas tertuju pada dua bintang termahal masing-masing klub. Di kubu Madrid jelas Cristiano Ronaldo yang bernilai EUR 120 juta. Sedangkan di kubu PSG tak lain adalah Neymar yang tercatat sebagai pemain termahal dunia dengan nilai EUR 180 juta.

Perang bintang di Santiago Bernabeu bakal ditentukan performa Ronaldo dan Neymar. Bisa dibilang, laga nanti bakal menjadi panggung mereka. Seperti sudah ditakdirkan, meski Neymar sudah meninggalkan Barcelona, namun dia kembali bersua dengan Ronaldo dan bersaing di atas lapangan hijau.

Dalam urusan gol di Liga Champions musim ini, Ronaldo masih unggul. Dia sudah mengemas 9 gol. Sementara Neymar baru 6 gol. Namun, jumlah gol total pada musim ini per Rabu (14/2), Ronaldo baru mengoleksi 24 gol. Sementara itu, Neymar sudah mengemas 28 gol.

Zidane tak membantah bahwa laga nanti akan menjadi panggung Ronaldo dan Neymar. Meski begitu, Zidane menilai penentu pertandingan bukan hanya mereka, melainkan semua pemain.

“Tak salah menyebut laga nanti menjadi milik Ronaldo dan Neymar. Laga nanti merupakan persaingan mereka. Tapi, saya menilai pemain lain juga memiliki kans sama untuk menjadi penentu. Bisa saya katakan, laga nanti lebih dari pertarungann Ronaldo dan Neymar,” sebut Zidane seperti dilansir Marca.

Saat Neymar masih memperkuat Barcelona, dia sudah bersua Ronaldo dalam 7 laga di semua ajang. Sejauh ini Neymar lebih unggul lantaran mampu menang 4 kali. Ronaldo menang 2 kali, dan imbang 1 kali. Jika ditotal melawan Madrid, Neymar sudah 8 kali bersua dan mengemas 3 gol.

Sedangkan Ronaldo sejauh ini baru dua kali menghadapi PSG lantaran kedua tim memang jarang bertemu. Dari dua laga tersebut, Ronaldo belum mampu menodai gawang PSG.

Di satu sisi, Madrid dan PSG baru 6 kali bersua. Dua di Liga Champions, 2 di Liga Europa, dan 2 di Piala Winners. Hasilnya, Madrid dan PSG sama-sama menang 2 kali, seri 2 kali, dan kalah 2 kali. Rekor pertemuan mereka memang berimbang.

Hanya saja, di pentas Liga Champions, dari 2 pertemuan, Madrid menang 1 kali dan 1 kali seri. Artinya, Madrid lebih berpengalaman dari PSG di ajang ini.

Toh, bukan berarti Les Parisiens – julukan PSG, tak memiliki modal dalam duel kali ini. Dari 3 kunjungan ke Santiago Bernabeu, PSG mampu menang 1 kali dan 2 kali kalah. Satu-satunya kemenangan diraih di pentas Piala Winners pada 1993-1994.

Emery sendiri telah memastikan bahwa PSG saat ini bukan lagi PSG saat disingkirkan Barcelona di Camp Nou di babak 16-besar pada musim lalu. Kala itu, kemenangan 4-0 di Parc des Princes tak berarti apa-apa lantaran Barcelona mampu menang 6-1 pada leg kedua di Camp Nou.

“Persiapan kami menghadapi Madrid lebih baik dibanding ketika melawan Barcelona musim lalu. Ini memang bisa dibilang final kepagian. Tapi, kami tak merasa sebagai tim yang tertekan meski Madrid adalah juara bertahan. Kami akan menunjukkan bahwa kami lebih siap pada musim ini,” beber Emery.

Well, rasanya sangat sayang perang bintang ini dilewatkan. Siapa yang akan menjadi pemenang, layak untuk dinanti.

Data dan Fakta
– Rekor pertemuan Madrid dan PSG berimbang. Kedua tim sama-sama menang 2 kali, seri 2 kali, dan kalah 2 kali.
– Di bawah Zidane, Madrid meraih 10 kemenangan dalam 14 laga knock-out Liga Champions. Enam kemenangan dipetik di Santiago Bernabeu.
– PSG tak pernah melangkah lebih jauh dari perempat final pada Liga Champions lima musim terakhir.
– PSG kalah 4 kali dari 6 laga tandang di fase knock-out Liga Champions.
– PSG mencetak 25 gol di fase grup Liga Champions musim ini dan menjadi rekor tersendiri.

Rekor Pertemuan
Total Bertemu: 6
Real Madrid Menang: 2
PSG Menang: 2
Seri: 2

Di Kandang Madrid
Main: 3
Madrid Menang: 2
PSG Menang: 1
Seri: 0

Prediksi Susunan Pemain
Real Madrid: Navas; Nacho, Ramos, Varane, Marcelo; Casemiro, Kroos, Modric; Bale, Ronaldo, Benzema
Absen: Carvajal (skorsing), Vallejo (cedera)
Pelatih: Zinedine Zidane

Paris Saint-Germain: Areola; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Berchiche; Verratti, Diarra, Rabiot; Mbappe, Cavani, Neymar
Absen: –
Pelatih: Unai Emery

(epr/Marca/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Pelatih Ini Jadi Rebutan PSG dan Chelseahelse

POJOKSULSEL.com – Klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain bergabung dengan Chelsea untuk mendapatkan jasa Luis Enrique sebagai pelatih. Sport melansir, mantan pelatih Barcelona berusai 47 …