Sekda Luwu Timur Apresiasi PT Vale Indonesia Komitmen Terapkan K3

POJOKSUKSEL.com, LUWU TIMUR – Puncak Acara Peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) diperingati PT Vale Indonesia dan seluruh kontraktornya dengan tema “melalui budaya K3 kita bentuk bangsa yang berkarakter”.

Upacara peringatan Bulan K3 tersebut dipimpin Sekda Luwu Timur, Bahri Suli di Lapangan Persesos Sorowako, Kecamatan Nuha, Sabtu (10/02/2018).

Selain upacara, peringatan ini juga diisi simulasi penanganan korban diketinggian oleh tim Rescue PT Vale, SAR dan BPBD Luwu Timur serta pemberian penghargaan kepada karyawan yang peduli K3 dan juga pameran produk K3. Acara ini juga dihadiri perwakilan Direktur Teknik dan Lingkungan Dirjen Minerba Kementerian ESDM RI.

Vice Presiden HR & Corporate Services, Bernardus Irmanto mengatakan bulan K3 merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang diperingati karyawan dan kontraktor PT Vale Indonesia dengan mengisi berbagai kegiatan. Menurutnya momen peringatan ini ditujukan untuk meningkatkan penerapan K3 bagi karyawan dan kontraktor perusahaan.

“tingkat kekerapan cidera akibat kecelakaan menurun sebelumnya 0,98 tahun 2016 turun menjadi 0,79 tahun 2017. Tingkat kekerapan kecelakaan berpotensi fatal menurun dimana sebelumnya 1,39 tahun 2016 turun menjadi 1,05 ditahun 2017” kata Bernardus.

Lanjut Bernardus, dalam tiga tahun terakhir, PT Vale Indonesia telah menerapkan Permen No 38 Tahun 2014 tentang sistem pengelolaan manajemen keselamatan pertambangan (SMKP). Ia juga berharap dukungan semua karyawan maupun kontraktor PT Vale Indonesia dan pemangku kepentingan untuk mendukung tercapainya zero harm atau nihil celaka.

Sekda Luwu Timur, Bahri Suli saat membacakan sambutan seragam Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhakiri mengatakan berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan tahun 2015 telah terjadi kecelakaan kerja sebanyak 110.285 kasus, dan tahun 2016 sejumlah 105.182 kasus sehingga mengalami penurunan sebanyak 4,6 persen. Sedangkan hingga bulan Agustus 2017 terdapat sebanyak 80.392 kasus.

“salah satu penyebab kecelakaan kerja tersebut disebabkan belum optimalnya pengawasan dan pelaksanaan K3 serta perilaku K3 ditempat kerja” katanya.

Menutup sambutan itu, Bahri Suli juga
menyampaikan apresiasi atas upaya PT Vale Indonesia dalam meningkatkan kesadaran tenaga kerjanya menerapkan K3. “sejak dulu, PT Vale Indonesia memang berkomitmen terapkan budaya K3” tambahnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Asri Djaya yang juga menjabat EHS Coordinator PT Vale Indonesia mengatakan ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam bulan K3 diantaranya Diskusi Panel Penerapan SMKP, cerdas cermat K3, safety talk, pameran, donor darah, lomba photo K3, pemasangan flayer K3 di Vale Bus, pencanangan zona aman sekolah hingga sosialisasi K3 untuk anak sekolah.

(tommy setiawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds