Tekan Angka Kematian Ibu Hamil, PKM Masamba Gelar Sosialisasi Donor Darah

UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) atau Puskesmas Kecamatan Masamba, Kamis (8/2), menggelar Sosialisasi Donor Darah di Aula Lantai II PKM Masamba. Seluruh Kepala Desa, Lurah dan Bidan se-Kecamatan Masamba hadir dalam sosialisasi yang sudah dicanangkan sejak 2017 kemarin.

Kepala Tata Usaha PKM Masamba, Hasmawati, saat ditemui usai acara mengatakan, sosialisasi donor darah dilakukan dalam rangka menekan angka kematian ibu hamil yang telah melahirkan. “Ini penting dilakukan guna menekan angka kematian ibu hamil pasca melahirkan,” ujar Hasmawati.

Menurutnya, salah satu faktor kematian bagi ibu hamil disebabkan karena adanya pendarahan. Untuk itu, kata Hasma, dibutuhkan keikhlasan bagi siapa saja yang punya kepedulian untuk mendonorkan darahnya kepada para ibu hamil yang mengalami pendarahan tersebut.

“Kita sengaja mengundang para Kepala Desa, Lurah dan Bidan agar mereka bisa membantu kami dalam menggerakkan warga lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam menekan angka kematian bagi ibu hamil dengan cara melakukan donor darah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” terang Hasma.

Jika dulu satu pendonor untuk satu ibu hamil, maka saat ini ditetapkan empat pendonor untuk satu ibu hamil, kemudian akan ditindaklanjuti dengan membagikan jadwal donor darah per desa. “UPTD nantinya akan menampung seluruh darah untuk persiapan pada saat dibutuhkan agar kita tidak kewalahan saat ada kegiatan persalinan berlangsung,” ucapnya. (rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds