Bupati Lutra Beri Bantuan Korban Longsor di Lantang Tallang

POJOKSULSEL.com, LUWU UTARA – Bupati Luwu, Utara Indah Putri Indriani, bersama Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Alauddin, Kadis Sosial Besse Andi Pabeangi, Kadis Lingkungan Hidup Buramin Dannu beserta pejabat lainnya meninjau lokasi longsor di Desa Lantang Tallang, Masamba, sekaligus memberikan bantuan berupa selimut, peralatan dapur, alas tidur, pakaian layak pakai dan obat-obatan, Kamis (18/1/2018).

“Kondisi di sini cukup memprihatinkan akibat longsor. Untuk itu, saya himbau kepada kita semua untuk senantiasa tanggap darurat mengingat beberapa waktu terakhir ini, curah hujan cukup tinggi. Berdasarkan prediksi BMKG, ke depan, curah hujan masih cukup tinggi,” ujar Bupati mengingatkan.

“Ke depan kita harapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, ada langkah-langkah dan upaya-upaya penanganan khusus mengenai tanggap darurat yang harus kita lakukan guna meminimalisir terjadinya bencana. Pemerintah kecamatan dan desa harus bersinergi melakukan langkah-langkah antisipatif tersebut,” ujarnya menambahkan.

Masih kata Indah, penanganan berupa relokasi terhadap rumah dan penghuninya telah dilakukan untuk kemudian diberikan bantuan natura. Namun lanjutnya, yang paling penting adalah penanganan jangka panjangnya, seperti sarana air bersih yang harus segera ditangani, mengingat kebutuhan akan air bersih pasca bencana sangatlah urgen.

“Untuk tahap pertama kita telah merelokasi rumah-rumah yang kena dampak longsor, termasuk para penghuninya,” ungkap Indah. “Kami berharap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kami minta untuk sementara waktu meninggalkan tempat ini dulu. Ada beberapa tempat yang sudah disiapkan di rumah-rumah warga yang ada di sekitar lokasi ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui pada 16 Januari 2018 kemarin, sekira pukul 17.00 wita, telah terjadi bencana longsor di Desa Lantang Tallang Kecamatan Masamba. Akibat longsor ini, 4 rumah tertimpa tanah longsor, 2 di antaranya rusak berat.

(LH/pojoksulsel)



loading...

Feeds