APEKSI Gelar Pertemuan dengan KPK, Ini Hasilnya

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) melakukan Audence dengan pimpinan Lembaga Anti Rasua, Komisi Pe‎mberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, di Jakarta. Kamis (19/1/2018).

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Airini yang juga selaku Walikota tangerang barat memimpin rombongan. Rombongan diterima langsung oleh Ketua KPK, Agus Rahardjo.

Walikota Parepare, HM. Taufan Pawe ikut dalam pertemuan tersebut. Taufan Pawe merupakan Anggota Dewan Pengawas APEKSI.

Taufan mengatakan, pertemuan tersebut lebih kepada pembahasan mengenai penguatan sistem pencegahan tindak pidana korupsi di Daerah.

“Penguatan tentang pencegahan tindak pidana korupsi. Jadi, kita mendapat bimbingan menganai hal itu,”tulis Taufan Pawe, melalui pesan singkatnya.

Namun pada intinya, kata Walikota bergelar doktor hukum tersebut, APEKSI berharap dan berfikir bagaimana Aparat pengawasan intern Pemerintah (APIP) mendapat tempat dan peran.

“Itu intinya seperti itu yah,”katanya.

Dalam pertemuan itu, lanjut Taufan Pawe, pihaknya mengangkat materi tentang sejauh mana peran kepala daerah memposisikan diri terkait perkuatan APIP.

“Karena disatu sisi ada juga aparat penegak hukum yang memiliki fungsi yang sama,”kata dia.

Namun, Taufan Pawe mengungkapkan, KPK menjawab bahwa yang lebih diutamakan itu adalah perkuatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah.

“Ya, pimpinan KPK menjawab bahwa yang paling utama itu perkuatan APIP,”tutup Taufan Pawe.

Seperti yang diketahui, APEKSI merupakan sebuah organisasi bagi seluruh pemerintah kota di Indonesia. Dalam bahasa Inggris, Association of Indonesia Municipalities atau disingkat AIM‎.

(sps/pemkotpare/pojoksulsel)



loading...

Feeds

lutra, luwu utara, adv pemkab lutra, adv lutra, bupati lutra, indah putri indriani, bupati cantik

Bupati Lutra: SOP Wajib Dipublikasikan

STANDAR Operasional Prosedur (SOP) adalah kumpulan peraturan yang dibuat untuk mempermudah seseorang/kelompok/organisasi dalam bekerja. Dalam instansi pemerintahan, SOP berfungsi untuk …