Agus-TBL Duet Paling “Berbahaya”, Pengamat: Pengalamam Pimpin Sulsel

Agus Arifin Nu'mang dan Tanribali Lamo (Agus-TBL)

Agus Arifin Nu'mang dan Tanribali Lamo (Agus-TBL)

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Ariffin Numang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) disebut-sebut pasangan paling “berbahaya” secara politik untuk memenangkan pertarungan di Pilgub Sulsel 2018.

Agus Ariffin Numang, yang merupakan mantan ketua DPR Sulsel, punya pengalaman memimpin Sulsel yang tak perlu diragukan lagi. Agus AN dinilai sukses sebagai wakil gubernur Sulsel mendampingi Syahrul Yasin Limpo selama dua periode.

Selain itu, Agus punya latar belakang politik partisan dikelompok Islam yang terbilang sangat getol mendukung Agus Ariffin Numang. Saking kuat dan mengakarnya, kelompok itu sempat mendorong Agus untuk maju lewat Jalur perseorangan.

Sementara, TBL dengan latar belajang TNI bintang 3 tentu lebih banyak pengalaman memimpin institusi pemerintahan. Bahkan TBL pernah menjabat sebagai Dirjen Kesbangpol Kemendagri, Mantan Plt Gubernur di 4 Daerah yakni Sulsel, Sulteng, Papua Barat, dan Maluku Utara.

Diketahui, TBL pernah memimpin Sulsel saat “genting” yaitu peralihan kekuasaan dari Amin Syam ke Syahrul Yasin Limpo. Pilgub Sulsel 2018 yang masuk ranah sengketa selanjutnya dimenangkan pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus AN.

Menanggapi hal tersebut, pengamat Politik Andi Luhur Prianto tak menampik kekuatan duet Wagub Sulsel dua periode dan sang Letnan Jendral 3 Bintang itu.

Andi Luhur bahkan menyebut pasangan ini paling berpengalaman untuk level gubernur. Hanya saja, kata Andi Luhur, pengalaman itu tidak akan cukup, tanpa sokongan faktor lain.

“Secara profil, pasangan AAN-TBL yang paling berpengalaman untuk level kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur. Tetapi pengalaman yang tinggi perlu di tunjang faktor – elektoral yang lain,” ungkap Andi Luhur, Kamis (18/1/2018).

Lebih lanjut, meski ditopang dengan latar belakang yang kuat, Andi Luhur berpendapat, bahwa Agus-TBL harus lebih akseleratif bersaing di Pilgub Sulsel ini, mengingat pasangan ini yang paling terkahir terbentuk dan mendeklarasikan diri.



loading...

Feeds