Stok Beras Nasional Menipis, Bolug Sulsel Siap Suplai ke Seluruh Indonesia

Kepala Divisi Regional Bulog Sulsel Dindin Syamsuddin

Kepala Divisi Regional Bulog Sulsel Dindin Syamsuddin

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik (Bulog) divisi regional Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai mengirim beras kesejumlah provinsi di Indonesia. Tujuannya, untuk mengantisipasi lonjakan harga karena defisit stok.

Kepala Divisi Regional Bulog Sulsel Dindin Syamsuddin mengatakan, khusus wilayah tahun 2017 saja mampu suplai untuk hampir seluruh wilayah Indonesia sekitar 300 ribu ton.

“Khususnya di daerah timur Indonesia mulai Papua, Ambon, Nusa Tenggara dan wilayah barat termasuk Sumatera tahun ini kita kirim kecuali Lampung, Jawa dikirim ke DKI,” kata Dindin, Rabu (17/1/2018).

Menurut Dindin, untuk awal tahun 2018, pihaknya sudah mengirim ke enam provinsi. Sebanyak 10.000 ton untuk DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat (NTT) 3.000 ton, Jambi dan Maluku masing-masing 2.000 ton, Bali 1.000 ton dan Aceg 2.000 ton.

“Dalam waktu dekat ini kita kirim 2.000 ton dan mungkin saja Papua juga kalau melihat kondisi dan situasi kita akan kirim juga,” ungkap Dindin.

Suplai beras dari Sulsel ke daerah lain terus dilakukan lantaran stok beras di provinsi ini melimpah. Stok beras di Sulsel di atas 70 ribu ton. “Konsumsi hanya berkisar 15 ribu ton per tiga bulan,” kata Dindin.

Ditambah lagi, pertengahan Januari 2018, Bulog Sulsel mulai menyerap gabah seiring panen petani di sejumlah daerah. Untuk tahun 2018, target serapan Bulog Sulsel 172 ribu ton.

“Tentu saja kita masih leluasa untuk mengirim ke daerah lain. Karena sudah mulai musim panen,” kata Dindin.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds