Silahkan Cek, Segini Harta Kekayaan Idrus Marham yang Kini Jadi Menteri Sosial

Idrus Marham resmi menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos), menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang akan fokus pada pencalonannya sebagai gubernur Jawa Timur. (Bayu Putra/Jawa Pos)

Idrus Marham resmi menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos), menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang akan fokus pada pencalonannya sebagai gubernur Jawa Timur. (Bayu Putra/Jawa Pos)

POJOKSULSEL. com – Presiden Joko Widodo Rabu (17/01) resmi melantik Sekretaris Jenderal Partai Golongan Karya (Golkar) Idrus Marham sebagai menteri sosial menggantikan posisi Khofifah Indar Parawansa.

Sebelum menjadi menteri, Idrus aktif di DPR RI dan Partai Politik Golkar. Pria yang lahir di Pinrang tersebut telah melaporkan harta kekayaannya pada tahun 2009 sebesar Rp 9,5 miliar.

Mengutip data laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) di laman https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/, tercatat Idrus terakhir melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 29 Desember 2009. Pada saat itu, dia menjabat sebagai Anggota DPR. Dari data LHKPN tersebut, Idrus tercatat memiliki harta sebesar Rp 9.531.079.160 dan USD 40.000. Dengan begitu meningkat sekitar Rp 4 miliar setelah 1 Desember 2004 sebelumnya tercatat memiliki harta Rp 5.199.680.160.

Dia juga memiliki harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan senilai Rp 7,9 miliar yang tersebar di sejumlah lokasi. Adapun lokasi diantaranya di Kabupaten Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan di Makkasar.

Selain itu, politikus Golkar kelahiran Sulawesi Selatan itu juga memiliki lima mobil mewah yakni Toyota Harrier, Toyota Vellfire, Marcedes Benz, BMW X5. Jika dijumlah totalnya mencapai Rp 800 juta.

Adapun harta bergerak lainnya yang Idrus punya yaitu, berupa logam mulia, batu mulia yang seluruhnya senilai Rp 155 juta.

Hari ini, Idrus Marham resmi naik kelas menjadi pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia dipercaya menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah diganti oleh Presiden Jokowi karena ingin fokus berkompetisi di pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur dan berpasangan dengan Bupati Trenggalek Emil Dardak.

(ipp/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds