Bawaslu: Gerak Bersama Prof Andalan Berpotensi Melanggar

Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi

Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan (Sulsel) Laode Arumahi menyebut, jika kegiatan Gerak Bersama Prof Andalan berpotensi terjadinya pelanggaran pemilu.

Diketahui, Gerak Bersama Prof Andalan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) yang rencananya akan digelar di 3.000 desa se-Sulsel pada 14 Januari 2018.

Menurut Laode Arumahi, pihaknya telah melakukan pengkajian bersama tim hukumnya, dan melihat ada potensi terjadinya pelanggaran pemilu dalam kegiatan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Laode Arumahi saat saat menerima kunjungan koordinasi pihak Prof Andalan di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani, Kota Makassar, Jumat (12/1/2018).

“Pertama kami melihat program tersebut, lewat beberapa iklan, kemudian kami kaji dan mengirim surat ke TIM LO, karena melihat ada potensi pelanggaran,” kata Laode Arumahi.

“Bahkan dalam UU No 10 itu, ada banyak hal yang bisa dipermasalahkan oleh lawan politik, kami hanya ingin melakukan langkah pencegahan dan penindakan,” sambung Laode Arumahi.

Laode Arumahi menegaskan, jika beberapa hal yang menggambarkan potensi terjadinya pelanggaran yakni status Nurdin Abdullah sebagai pejabat Publik yakni Bupati Bantaeng, selain itu yakni Potensi Money Politik karena ada janji hadiah.

“Ada beberapa pasal yang berpotensi misalnya dalam Undang-Undang No 10 tahun 2016 tentang Pilkada, misalnya di pasal 71 yakni soal pejabat Publik dan 73 soal Money Politik,” tegas Laode Arumahi.

“Dan yang paling penting, adalah celah itu bisa saja dilaporkan oleh lawan politiknya,” tutup Laode Arumahi.

(gunawan songki/pojolsulsel)



loading...

Feeds

Appi-Cicu Rancang Program Pro Rakyat

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi mendapat sambutan hangat dari warga dibeberapa wilayah di Kecamatan …
Menko Polhukam Wiranto. IST

Wiranto Sebut Kini Hanura Ada Dua Kubu

POJOKSULSEL. com – Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto mengaku kaget dengan realitas yang terjadi di internal partai yang dirintisnya pada 2006 silam. …