Hadiri Pesta Panen, Bupati Luwu Timur Resmikan Sanggar Tani

POJOKSULSEL.com, LUWU TIMUR – Para petani di Desa Mabonta Kecamatan Burau nampak bersyukur. Pemerintah Desa Mabonta bangun sebuah sanggar tani yang cukup memadai untuk mereka. Bupati Luwu Timur HM. Thorig Husler secara langsung resmikan sanggar tani di Desa Mabonta, Rabu (10/01/2018).

Kegiatan peresmian sanggar tani tersebut itu diintegrasikan dengan Pesta Panen Musim Tanam (MT) 2017 dan Musyawarah Tudang Sipulung MT Oktober – Maret 2017/2018.

Sanggar tani yang diberi nama Barana Timur ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Bupati Luwu Timur HM. Thorig Husler yang turut disaksikan Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam, Anggota DPRD HM. Sarkawi A. Hamid, Camat Burau Satri dan Kepala Desa Mabonta Hamansi.

Kades Mabonta Hamansi, mengatakan keberadaan fasilitas tersebut sebagai wadah pertemuan untuk membahas segala yang terkait dengan kegiatan pertanian.

Dalam pertemuan tersebut, Kades Mabonta yang menjadi mediator menyampaikan kesulitan yang dialami para petani di wilayahi ini diantaranya terkait masih minimnya alat produksi, minimnya ketersediaan pupuk serta akses jalan pertanian yang belum memadai.

Menanggapi beberapa keluhan yang dihadapi para petani, Bupati Luwu Timur HM. Thorig Husler akan secepatnya mengupayakan kebutuhan para petani agar secepatnya bisa diatasi termasuk 19 combain dan brigade traktor 76 buah dalam rangka percepatan pengolahan panen.

“Sementara untuk minimnya ketersediaan pupuk, akan segera dikonsultasikan dengan Dinas pertanian dan berjanji akan menangani sebaik mungkin supaya stok pupuk tidak lagi menjadi kendala,” jelas Husler.

Husler juga menyampaikan rasa bangganya atas dukungan para petani untuk terus meningkatkan produksi pertanian yang telah mencapai 7 hingga 8 ton per hektar. Pihaknya berjanji akan terus membantu petani dalam rangka meningkatkan produk hasil-hasil pertanian, baik dalam hal pendampingan maupun bantuan sarana dan prasarana pertanian.

Selain Bupati, dan Wakil Bupati yang hadir pada kegiatan tersebut juga turut hadir Kadis Pertanian Muharif, Kadis Kelautan, Perikanan dan Pangan Nursih Hariani, Plt. Kadis PMD Halsen, para Kepala Desa se-Kecamatan Burau.

(Tommy Setiawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds

lutra, luwu utara, adv pemkab lutra, adv lutra, bupati lutra, indah putri indriani, bupati cantik

Bupati Lutra: SOP Wajib Dipublikasikan

STANDAR Operasional Prosedur (SOP) adalah kumpulan peraturan yang dibuat untuk mempermudah seseorang/kelompok/organisasi dalam bekerja. Dalam instansi pemerintahan, SOP berfungsi untuk …