Dokter yang Tangani Setya Novanto Jadi Tersangka, Ini Tindakan Idi

Foto Setya Novanto sedang dirawat di RS Medika Permata Hijau ini beredar melalui pesan berantai WhatsApp.

Foto Setya Novanto sedang dirawat di RS Medika Permata Hijau ini beredar melalui pesan berantai WhatsApp.

POJOKSULSEL.com – Dokter Rumah Sakit (RS) Medika Permata Hijau, Bimanesh Sutarjo telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diduga menghalang-halangi penyidikan kasus korupsi e-KTP dengan tersangka Setya Novanto.

Sekertaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia, Adib Khumaedi mengatakan pihaknya telah memeriksa Bimanesh terkait pelanggaran kode etik profesi.

“Majelis Kehormatan Etik sudah mengklarifikasi dr. Bimanesh Sutarjo, pemanggilan ini sehagai bentuk klarifikasi yang harus dilakukan oleh IDI,” kata Adib saat dihubungi JawaPos.com, Jakarta, Rabu (10/1/2017).

Adib menuturkan, pihaknya mendapat beberap laporan kalau Bimanesh telah melanggar kode etit profesi sebagai dokter. Hal ini dilakukan untuk dilakukan pembinaan apabila Bimanesh dianggap melanggar kode etik profesi.

“Ini secara etik di proses internal untuk masalah pembinaan terhadap anggota, jika itu memang ada terindikasi pelanggaran etik, maka kami akan proses dengan ketentuan di dalam organisasi profesi,” ungkap Adib.

Meski demikian, dikatakan Adib apabila Bimanesh telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dan masuk dalam pidana umum, maka sepenuhnya menjadi tanggungjawab pribadi Bimanesh.

“Kalau pendampingan yang dilakukan IDI, sebagai anggota IDI hanya terkait pelayanan profesi,” ujar Adib.

Oleh karena itu, Adib mengimbau kepada para dokter untuk dapat bekerja sesuai standar profesi yang tertuang di dalam standar pelayanan dan standar etika. Sehingga dapat jauh dari suatu hal yang dapat mengintervensi pelayanan profesi dokter.

“Artinya mau dia pejabat, mau dia orang biasa, mau dia rakyat jelata harus dibantu sesuai dengan ketentuan kaidah-kaidah profesi kedokteran,” tandas Adib.

Selain Bimanesh, dalam perkara menghalangi penyidikan terhadap Setya Novanto, KPK pun telah menetapkan eks pengacara Setnov, yakni Fredrich Yunadi sebagai tersangka.

(rdw/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Appi-Cicu Rancang Program Pro Rakyat

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi mendapat sambutan hangat dari warga dibeberapa wilayah di Kecamatan …
Menko Polhukam Wiranto. IST

Wiranto Sebut Kini Hanura Ada Dua Kubu

POJOKSULSEL. com – Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto mengaku kaget dengan realitas yang terjadi di internal partai yang dirintisnya pada 2006 silam. …