Kadis Kesehatan Lutra Pimpin Pengobatan Gratis di Wilayah Terpencil

POJOKSULSEL.com, LUWU UTARA – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, Andi Muhammad Nasrun bersama jajarannya langsung bergerak cepat melakukan pengobatan gratis di Dusun Saluseba Desa Pincara, sebuah wilayah terpencil di Kecamatan Masamba, Minggu (7/1) kemarin.

Pengobatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari rangkaian kunjungan kerja Bupati di wilayah tersebut pada pengujung 2017. Di mana dalam sebuah acara yang digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa didapati ada warga menderita berbagai macam penyakit menahun.

Gayung pun bersambut. Dinas Kesehatan (Dinkes) merespon cepat dengan melakukan serangkaian kegiatan mulai dari pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan, pengobatan gratis sampai kepada pelaksanaan baksos di seluruh rumah warga setempat.

“Alhamdulillah, hari ini kita, Dinas Kesehatan, melakukan pelayanan kesehatan dengan hati di wilayah terpencil guna melihat sejauhmana perkembangan kesehatan warga di wilayah ini,” ujar Nasrun.

Dari pemeriksaan yang juga dihadiri Kepala Desa Pincara dan Camat Masamba ini, didapati ada orang tua lanjut usia (lansia) yang mengalami kebutaan (laki-laki) dan yang patah kakinya (perempuan).

Tindakan kesehatan yang dilakukan adalah merujuk ke Rumah Sakit Umum Masamba. “Kita akan rujuk ke rumah sakit, tetapi kami harus menunggu konfirmasi dari pihak keluarga dulu dan akan difasilitasi oleh Kepala Desa Pincara dan Camat Masamba,” ujar Nasrum.

Selain itu, juga melakukan pemeriksaan kepada warga atas nama Buatang (laki-laki), yang mengalami gangguan penglihatan (peserta Jamkesmas). Tindakan yang sama juga dilakukan kepada Laiyya (perempuan) yang mengalami patah kaki selama 10 tahun.

“Kedua warga ini akan kita bawa ke dokter mata dan bedah tulang. Insya Allah, kita akan berkoordinasi dengan Direktur Rumah Sakit untuk memastikan kesiapannya, termasuk keaktifan kartunya. Setelah semua siap, baru pasien akan kita jemput,” terangnya.

(LH/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Appi-Cicu Rancang Program Pro Rakyat

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi mendapat sambutan hangat dari warga dibeberapa wilayah di Kecamatan …
Menko Polhukam Wiranto. IST

Wiranto Sebut Kini Hanura Ada Dua Kubu

POJOKSULSEL. com – Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto mengaku kaget dengan realitas yang terjadi di internal partai yang dirintisnya pada 2006 silam. …