CIP: Keterlibatan Korporasi di Pilkada Makassar Harus Diawasi

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL. com, MAKASSAR – Center Information Public (CIP) meminta kepada seluruh aparat penyelenggaran Pilkada Makassar 2018 ini mengawasi keterlibatan korporasi dalam pembiayaan kandidat yang bertarung.

Hal itu diungkap Direktur Eksekutif CIP Zulfiadi Muis, Kamis (4/1/2018). CIP merupakan lembaga yang fokus pada upaya mengawal terpenuhinya hak-hak rakyat utamanya di bidang sosial, hak demokrasi dan transparansi informasi.

“Keterlibatan korporasi secara langsung bisa merusak kualitas demokrasi di Pilkada Makassar ini. Apalagi kali ini jelas ada calon yang didukung oleh salah satu korporasi besar di Sulsel,” terang Zulfiadi Muis.

Gelontoran dana besar dari korporasi untuk calon tertentu membuka peluang pertarungan menjadi tidak sehat. “Keterlibatan korporasi dalam politik secara nyata, membuka peluang politik uang sangat mungkin terjadi, belum lagi utang politik yang harus dibayar nantinya,” jelasnya.

Di sisi lain, jaringan korporasi yang menggurita akan membuat persaingan tidak sehat bisa saja terjadi.

“Penguasaan sumber daya yang melimpah akan membuat tindak kriminalisasi terhadap lawan politik juga sangat mudah terjadi. Ini bahayanga keterlibatan korporasi dalam politik, khususnya di Pilkada Makassar kali ini,” pungkasnys.

(gunawan songki/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Appi-Cicu Rancang Program Pro Rakyat

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi mendapat sambutan hangat dari warga dibeberapa wilayah di Kecamatan …
Menko Polhukam Wiranto. IST

Wiranto Sebut Kini Hanura Ada Dua Kubu

POJOKSULSEL. com – Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto mengaku kaget dengan realitas yang terjadi di internal partai yang dirintisnya pada 2006 silam. …