Gubernur Sulsel Buka Festival Kopi Toraja

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo membuka Festival Kopi Lovely December 2017

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo membuka Festival Kopi Lovely December 2017

POJOKSULSEL.com, TORJA UTARA – Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama rombongan menghadiri Festival Kopi Toraja, Rabu (27/12/2017) di Gedung Van The Lostred, Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Festival Kopi Toraja merupakan bagian dari acara Lovely Desember in Toraja 2017.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan dalam sambutannya mengatakan bahwa Kopi Toraja adalah tulang punggung masayarakat Toraja dan di kenal di seluruh belahan dunia.

Kalatiku menilai dengan diselenggarakannya Festival Kopi Toraja ini dapat memberikan peningkatan perekonomian daerah dan secara khusus meningkatkan perekonomian masyarakat Toraja Utara

“Gagasan yang diberikan oleh orang Toraja adalah merupakan gagasan yang nampak dan dirasakan bagi masyarakat toraja pada acara Festival Toraja hari ini,” ungkap Kalatiku.

Menurutnya kunjungan masyarakat ke Toraja sangat padat pada acara Lovely Desember in Toraja, sehingga semua hotel penuh. Ini salah satu merupakan program Gubernur Sulawesi Selatan selama 9 tahun menggagas Event Lovely Desember in Toraja.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Selatan, SYL dalam sambutannya mengatakan bahwa Lovely Desember in Toraja kita jadikan program tahunan untuk Toraja. Karena salah satu program ini memajukan dan meningkatkan kunjungan Wisata di Toraja.

“Untuk itu Lovely Desember in Toraja menjadikan Desember di toraja dengan penuh cintah kasih, penuh kedamaian dan penuh kasih sayang,” kata Syahrul

Event Lovely Desember ini bukan milik siapa-siapa, tetapi milik kita semua lebih khusus milik Pemerintah dan Masyarakat Toraja.

“Toraja memiliki ragam pesona dimana alamnya indah, budayanya mengagumkan dan kemudian orang Torajanya baik-baik semua. Jadi wajar kalau Toraja menjadi tujuan cinta kasih pada bulan desember,” terang SYL.

Ditambahkan Gubernur bahwa Lovely Desember in Toraja besok akan menjadi momentum untuk menghadirkan orang Toraja hidupnya makin baik dan hidupnya akan lebih sejahtera.

“Saya juga mau sampaikan bahwa dengan Pendekatan ideologi dan idealisme, pendekatan agama dan budaya, di Toraja inilah tempat yang paling indah dan pas untuk kita datang berdoa bersama,” ujar SYL.

Ditegaskan Gubernur Sulawesi Selatan bahwa Lovely Desember in Toraja ini tergantung dari Bupati dan Wakil Bupati serta ibu-ibu menatanya dengan baik. Sehingga kedepan orang pasti akan datang lebih banyak lagi di toraja.

Digambarkan SYL bahwa beberapa tahun atau 9 tahun lalu semua hotel koleps akibat bom bali, itulah cerita masa lalu. Tetapi tahap demi tahap kita harus melakukan sesuatu untuk terus bekerja memperbaiki kondisi daerah kita, sehingga kita jangan berhenti dan harus terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan perekonomian Sulawesi Selatan secara khusus Toraja.

Usai memberikan sambutannya, Gubernur SYL membuka secara resmi Festival Kopi Toraja di dampingi Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan dan Yosia Rinto Kadang. SYL juga mengunjungi dan melihat langsung jenis-jenis Kopi Toraja yang ditampilkan dimasing-masing stand.

(bayu/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Resmi!!! Ongkos Haji 2018 Naik

POJOKSULSEL. com – Ongkos penyelenggaran ibadah haji di tahun 2018 atau 1439 hijriah mengalamai kenaikan ‎sebesar 2,58 persen. Hal itu …

Stadion Mattonging Ditutup

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, akan ditutup sementara. Ini dilakukan selama perbaikan lapangan, yang mengalami kerukan pasca …