Festival Kopi Toraja, Bupati Torut: Kopi Bukan Hanya Soal Kesejahteraan

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri Festival Kopi Toraja di Gedung Pusat Pelayanan Pemuda Antonie Aris Van De Loosdrecht Torut,  Rabu (27/12/2017).

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri Festival Kopi Toraja di Gedung Pusat Pelayanan Pemuda Antonie Aris Van De Loosdrecht Torut, Rabu (27/12/2017).

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Festival Kopi Toraja dilaksanakan untuk menyemarakkan event tahunan Lovely Desember di Toraja dan Toraja Utara.

Bupati Toraja Utara (Torut) Kalatiku Paembonan mengatakan, kopi Toraja merupakan penopang utama ekonomi, yang selama ini diyakini salam arti luas. Bukan hanya tentang kesejahteraan. Tapi kopi Toraja selalu menjadi juara festival di berbagai belahan dunia.

“Kopi (Toraja) telah dikenal di berbagai belahan dunia, dan selalu juara di berbagai festival,” tegas Kalatiku di sela pembukaan Festival Kopi Toraja di Gedung Pusat Pelayanan Pemuda Antonie Aris Van De Loosdrecht Torut, Rabu (27/12/2017).

Kalatiku mengatakan, perhelatan festival Kopi Toraja sebagai bentuk apresiasi kepada Gubernur Syahrul YL, yang sejak 9 tahun genjar mempromosikan pariwisata Toraja.

Upaya Gubernur Syahrul YL, kata Kalatiku, telah membuktikan geliat pariwisata Toraja semakin menanjak, sebagai salah satu destinasi yang diperhitungkan di Indonesia.

Gagasan promosi pariwisata Toraja yang digagas Gubernur Syahrul YL 9 tahun lalu, telah menambah pendapatan perekonomian dari kunjungan wisatawan. Kunjungan wisatawan ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara yang pantas menjadi destinasi wisata.

“Satu bulan ini hotel di Toraja Utara sesak. Kamar yang ada sudah 6 bulan lalu telah diorder,” kata Kalatiku.

Festival Kopi Toraja akan berlangsung sampai tanggal 29 Desember mendatang. Adapun agenda dalam festival tersebut yakni, coffee expo, workshop pengolahan dan pemasaran kopi dan kontes barista, penanaman kopi massal, kontes kopi arabika – nusantara serta workshop budidaya kopi.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Resmi!!! Ongkos Haji 2018 Naik

POJOKSULSEL. com – Ongkos penyelenggaran ibadah haji di tahun 2018 atau 1439 hijriah mengalamai kenaikan ‎sebesar 2,58 persen. Hal itu …

Stadion Mattonging Ditutup

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, akan ditutup sementara. Ini dilakukan selama perbaikan lapangan, yang mengalami kerukan pasca …