Festival Kopi Toraja, Syahrul YL: Kopi Toraja Termahal di Jepang

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri Festival Kopi Toraja di Gedung Pusat Pelayanan Pemuda Antonie Aris Van De Loosdrecht, Rabu (27/12/2017).

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri Festival Kopi Toraja di Gedung Pusat Pelayanan Pemuda Antonie Aris Van De Loosdrecht, Rabu (27/12/2017).

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Festival Kopi Toraja sebagai rangkaian dari event Lovely December 2017, secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, di Gedung Pusat Pelayanan Pemuda Antonie Aris Van De Loosdrecht, Rabu (27/12/2017).

Festival Kopi Toraja akan berlangsung sampai 29 Desember mendatang. Adapun agenda dalam festival tersebut yakni, coffee expo, workshop pengolahan dan pemasaran kopi dan kontes barista, penanaman kopi massal, kontes kopi arabika- Nusantara serta workshop budidaya kopi.

Gubernur Syahrul YL mengatakan, Lovely Desember adalah momen menjadikan bulan Desember Toraja dipenuhi dengan cinta kasih, kedamaian, kesyukuran, dan persaudaraan. Karenanya, mantan Bupati Gowa ini, mengajak seluruh stakeholder untuk terus membesarkan event Lovely Desember ke depan.

“Even ini bukan milik siapa-siapa, tetapi milik kita semua,” kata Gubernur Syahrul YL.

Gubernur Syahrul YL menegaskan, Toraja adalah pemberian Tuhan yang luar biasa. Di antaranya, Toraja memiliki keindahan alam, budaya mengagumkan, maupun
masyarakat Toraja yang ramah. Terlebih, hasil perkebunan kopi khas Toraja yang mendunia.

“Sehingga wajar menjadi tempat tujuan wisata,” kata Gubernur Syahrul YL.

Khusus untuk pemasaran kopi Toraja, sambung Gubernur Syahrul YL, telah ia kawal sampai ke negara Jepang. Diakuinya, kopi Toraja adalah jenis kopi termahal di Jepang. Bahkan digunakan sebagai produk dunia.

Sejauh ini, Gubernur Syahrul YL masih terus mempromosikan kopi Toraja, dan paket pariwisata Toraja. Ia terus mempopulerkan jargon ‘jangan mati sebelum ke Toraja’.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds