Hari Ibu, Koalisi Mahasiswi Palopo Perjuangkan Hak Janda

Hari Ibu, Koalisi Mahasiswi Palopo Perjuangkan Hak Janda

Hari Ibu, Koalisi Mahasiswi Palopo Perjuangkan Hak Janda

POJOKSULSEL.com, PALOPO – Dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Palopo melakukan aksi damai dan simpatik di poros Trans Sulawesi, tepatnya persimpangan Jalan Hasanudin dan Ahmad Yani, Kota Palopo, Jumat (22/12/2017) pagi.

Dalam aksinya, mereka membentangkan spanduk ‘Janda Juga Manusia’ serta sejumlah pesan moral. Di antaranya, ‘ibu mu, ibu ku, ibu kita,’ stop KDRT.

Desy selaku koordinator aksi, mengatakan , kaum wanita khususnya para ibu di Palopo masih sering mendapat perlakuan diskriminatif dan menjadi korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

“Perlu adanya komitmen seluruh stakeholder memperhatikan hak-hak ibu-ibu. Bersama mencari solusi dan melindungi mereka,” harap Desy

Hingga kini, lanjut Desy , masih banyak status janda atau single parents sering memperoleh dan mendapatkan perlakuan kurang diskriminatif dan dipandang sebelah mata, padahal.meteka juga manusia yang perlu mendapat perlakuan yang sama baik sosial kemasyarakatan maupun di mata hukum.

Berdasarkan data Pengadilan Agama (PA) Kota Palopo sepanjang tahun 2016 menangani sekitar 1000 perkara. Dari jumlah perkara itu, ada sekitar 700 pasangan yang ditetapkan bercerai.

Dari jumlah 700 kasus cerai, 50 persen atau 350 di antaranya merupakan perempuan muda yang menjadi janda alias janda kembang. (bayu/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Resmi!!! Ongkos Haji 2018 Naik

POJOKSULSEL. com – Ongkos penyelenggaran ibadah haji di tahun 2018 atau 1439 hijriah mengalamai kenaikan ‎sebesar 2,58 persen. Hal itu …

Stadion Mattonging Ditutup

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, akan ditutup sementara. Ini dilakukan selama perbaikan lapangan, yang mengalami kerukan pasca …