Antisipasi Makassar Dikepung Banjir, Ini yang Dilakukan Dinas PU

Kepala Dinas PU Makassar M Anshar

Kepala Dinas PU Makassar M Anshar

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar melakukan pengerukan sedimentasi kanal di samping Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar, Jumat (22/12/2017).

Pengerukan yang melibatkan 3 mobil truk dan satu unit alat berat ini sengaja difokuskan dilokasi tersebut dengan pertimbangan, jika aliran kanal di Makassar banyak terhubung dengan kanal tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas PU Makassar M Anshar di lokasi pengerukan. Menurut Anshar, untuk sementara ini salah satu langkah taktis yang bisa dilakukan yakni melakukan pengerukan pusat – pusat tempat kepungan air.

“Nah, ini kan salah satu langkah taktis untuk sekarang ini yang bisa dilakukan, selain memperbaiki saluran air, mendesain saluran air, juga melakukan pengerukan kanal -kanal yang merupakan pusat tumpukan air,” jelas M Ashar.

M Ansar menuturkan, jika banjir yang terjadi di beberapa titik kota Makassar merupakan lahan yang rawan banjir, semisal di daerah seputar Kecamatan Biringkanaya.

Di lokasi Biringkanaya, kata Anshar, hampir setiap tahun intensitas banjirya selalu sangat tinggi. Ia membeberkan, hal itu telah terjadi sejak tahun 2002, 2005, 2007, dan juga pada 2017.

”Jika berbicara terkait di Biringkanaya itu hal yang lain, bahwa peristiwa ini sempat terjadi di kurang waktu lima tahun yang lalu, di karena kan curah hujan yang tinggi, sehingga membuat luapan air tak terbendung,” Kata kepala dinas Saat di tanya wartawan.

(gunawan songki/pojolsulsel)



loading...

Feeds