Proyek Penahan Ombak di Palemang Pinrang Diprotes, Diduga Markup

Proyek penahan ombak di Palemeang Pinrang, dikerjakan oleh PT Karya 55.

Proyek penahan ombak di Palemeang Pinrang, dikerjakan oleh PT Karya 55.

POJOKSULSEL.com, PINRANG – Pengerjaan proyek penahan ombak di kampung Palemeang, Kecamatan Mattirosompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), di protes sejumlah warga.

Pasalnya, proyek APBN melalui pihak Balai Besar Provinsi Sulsel tersebut, tidak berdampak positif pasca selesai dikerjakan, bangunan itu rusak parah hingga jebol dan digenangi air.

“Belum satu tahun dikerjakan sudah rusak,” tutur Ilham, salah seorang warga Palemeang, Senin (28/12/2017).

Dia menduga, proyek tersebut dikerja asal-asalan tanpa memperhitungkan asas manfaat dan mengabaikan kwalitas.

“Hanya diterjang ombak kecil saja betonnya sudah rusak, ini ada kesalahan dari kualitas bangunan. Mungkin asal jadi,” katanya.

Ditempat lain, aktivis anti korupsi dari lembaga Indonesia Timur Coruptions Wacth (ITCW) Jasmir Laintang, justru mendesak aparat hukum segera melakukan pe‎nyelidikan mega proyek tersebut.

Dia menduga, proyek APBN tahun anggaran 2016 yang menelan anggaran sebesar Rp 11,99 miliar, itu menyimpang.

“Kami duga ada markup anggaran didalamnya. Beberapa bukti telah kami pegang,” katanya.

Dia berjanji dalam waktu dekat bakal melaporkan kasus itu secara resmi ke aparat penegak hukum. Mega proyek itu dikerjakan oleh PT Karya 55, melalui Balai Besar Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kita akan lapor setelah bukti yang kami kumpulkan sudah lengkap. Aparat hukum kami minta juga untuk profesional menyikapi kasus ini,” ungkapnya.

Ditempat lain, tim pengawas proyek tersebut, Agus, menolak memberikan klarifikasi. Dihubungi via sellulernya Agus enggan menjawab.

(haerul amran/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Appi-Cicu Rancang Program Pro Rakyat

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi mendapat sambutan hangat dari warga dibeberapa wilayah di Kecamatan …
Menko Polhukam Wiranto. IST

Wiranto Sebut Kini Hanura Ada Dua Kubu

POJOKSULSEL. com – Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto mengaku kaget dengan realitas yang terjadi di internal partai yang dirintisnya pada 2006 silam. …