Setnov Terdakwa Pertama dari Cluster Politik Kasus KTP El, Siapa Selanjutnya?

Setya Novanto

Setya Novanto

POJOKSULSEL.com – Gugurnya praperadilan Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, membuka lembaran baru dalam penanganan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. Konsentrasi KPK kini tertuju pada pokok perkara yang disidangkan di Pengadilan Negeri Tipikor.

“Putusan praperadilan tersebut bagi KPK berarti ada lembar baru dalam penanganan kasus KTP elektronik,” ujar Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah di kantornya, Kuningan, Jakarta, Kamis (14/12).

KPK kini fokus terhadap persidangan di Tipikor. Dia mengatakan, akan mengajukan bukti secara lebih rinci tentang dugaan keterlibatan Novanto dalam korupsi pengadaan e-KTP itu.

Lebih lajut Febri mengatakan, Novanto adalah orang pertama dari cluster politik yang didakwa terkait dugaan korupsi proyek e-KTP. Sedangkan dua sebelumnya, Irman dan Sugiharto merupakan terdakwa dari cluster birokrasi. Sedangkan Andi Agustinus alias Andi Narogong terdakwa dari cluster swasta.

“Ini adalah terdakwa pertama di mana KPK sudah masuk ke cluster politik,” tegas Febri.

Diharapkan, dengan lengkapnya ketiga cluster tersebut, konstruksi korupsi proyek e-KTP bisa terlihat lebih gamblang. “Kita harapkan nanti gambaran yang jauh lebih utuh dari kasus korupsi KTP elektronik ini bisa didapatkan meskipun kita juga masih proses dua orang tersangka,” pungkas Febri.

Dalam persidangan perdana Novanto di PN Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (13/12), Novanto didakwa melakukan intervensi terhadap penganggaran proyek pengadaan KTP berbasis elektronik (e-KTP) yang berlangsung di DPR pada 2009-2013.

Dia juga didakwa memperkaya diri sendiri, orang lain, dan suatu korporasi. Novanto disebut menerima uang dengan total USD 7,3 juta dari proyek tersebut.

(dna/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Appi-Cicu Rancang Program Pro Rakyat

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi mendapat sambutan hangat dari warga dibeberapa wilayah di Kecamatan …
Menko Polhukam Wiranto. IST

Wiranto Sebut Kini Hanura Ada Dua Kubu

POJOKSULSEL. com – Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto mengaku kaget dengan realitas yang terjadi di internal partai yang dirintisnya pada 2006 silam. …