Kaisar Jepang Berulang Tahun, Agus AN Ucapkan Selamat

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang atas nama pemerintah dan rakyat Sulawesi Selatan menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-84 untuk Kaisar Jelang Akihito.

“Izinkan saya menyampaikan selamat hari kelahiran Kaisar Jepang semoga masih diberikan kesehatan dan kekuatan,” kata Agus AN pada resepsi Hari Kelahiran Sri Baginda Kaisar Jepang di Saoraja Ballroom Wisma Kalla, Jum’at malam (15/12).

Agus juga menyampaikan bahwa hubungan Sulsel dan Jepang telah lama terjalin, dan ini semakin diperkuat dengan hadirnya Kantor Konsuler (Konjen) Jepang di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, wagub dua periode ini mengatakan bahwa keberadaan Konjen sangat membantu hubungan kedua wilayah. Membawa dampak positif untuk kemajuan daerah di Sulsel, termasuk kerjasama dengan Jepang semakin baik.

“Dengan hadirnya Kantor Perwakilan Pemerintah Jepang di Makassar sangat membantu pengusaha lokal dalam mengekspor hasil bumi dari daerah kami, seperti halnya hasil laut udang, kepiting dan cumi-cumi serta banyak lagi hasil lainnya,” sebut Agus AN.

Pada kesempatan ini, dia juga berharap agar hubungan antara Sulawesi – Selatan dapat semakin ditingkatkan dalam berbagai sektor.

Sementara itu, Kepala Kantor Konsuler Jepang, Mr. Miyakawa Karsutoshi menjelaskan di Sulawesi-Selatan sendiri telah lama bermukim masyarakat Jepang.

“Tahun 1918, tepatnya 99 tahun lalu telah terbentuk asosiasi keluarga Jepang – Makassar,” ujarnya.

Dalam acara ini ditampilkan kebudayaan Jepang seperti tarian Urayasu no Mai dan makanan tradisional Jepang seperti sushi, soba, udon, takoyaki dan sake.

Hadir juga keluarga besar Jepang, akademisi dan alumni pelajar dan mahasiswa Jepang seperti Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds