Soal Lafran Pane, Buya Syafii Maarif: Jangan Kita Tak Punya Rumah

Ahmad Syafii Maarif. Foto: dok/JPNN.com

Ahmad Syafii Maarif. Foto: dok/JPNN.com

POJOKSULSEL.com – Lafran Pane yang belum lama ini disahkan sebagai pahlawan nasional merupakan sosok yang menarik untuk diteladani. Terutama dari sisi ketedanannya yang substansi. Hal itu diungkapkan oleh Buya Syafii Maarif saat dialog nasional “Refleksi Kepahlawanan Lafran Pane” di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rabu (13/12).

”Teladan yang tidak mau menonjolkan diri, itu menarik. Saya dekat dengan dia, ada kesederhanaan yang menurut saya substansi,” kata Buya. Lafran Pane semasa hidupnya tak terlalu memburu harta. Terlihat dia sampai meninggalnya tidak mempunyai rumah.

”Tapi jangan kita tidak punya rumah. Kita juga usaha punya rumah, hanya tidak ngoyo (ambisius),” kata mantan ketua umum Pengurus Pusat Muhammadiyah itu.

Dalam dialog tersebut hadir pula Mantan Ketua DPR RI, Akbar Tanjung serta Mantan Ketua MK, Mahfud MD. Menurut Akbar Tanjung, Lafran Pane tak hanya sebagai pendiri dari organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Namun dia juga aktif dalam pergerakan kepemudaan pada awal-awal proklamasi.

”Dan juga ikut dalam kontribusi pikiran dalam ketatanegaraan juga,” kata Akbar. Dalam perjuangannya, lanjut Akbar, Lafran juga telah melahirkan banyak tokoh yang menduduki jabatan di pemerintahan. Seperti Amin Rais yang pernah menjadi Ketua MPR dan dirinya sendiri yang sempat sebagai Ketua DPR.

Sementara, Mahfud MD dalam sambutannya mengatakan, dia membuat organisasi yang menggabungkan ke-Indonesiaan dan ke-Islaman. Bangsa Indonesia, menurutnya tidak harus secara formal menjadi negara Islam. ”Namun bagaimana umat muslim harus mempunyai kesatuan untuk mempertahankan Bangsa Indonesia,” ucapnya.

(dho/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds