PPP Rilis Hasil Sementara Pantauan Verifikasi Faktual KPU ke Cakada Perseorangan

Logo PPP

Logo PPP

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Tahapan verifikasi faktual dukungan pasangan calon perseorangan memasuki hari ke empat.

Dari pemantauan PPP di lapangan, sudah 30% data dukungan untuk IYL-Macakka dan 15% data dukungan Danny-Indira telah terfaktualisasi, masih tersisa 11 hari PPS melakukan faktualisasi di lapangan untuk masing-masing dukungan masyarakat.

Dalam pemantauan di lapangan, faktualisasi untuk dukungan pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubermur Sulsel Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) berjalan dengan baik hanya beberapa insiden kecil seperti masih ada form dukungan masyarakat yang tersebar, seharusnya itu menjadi kerahasiaan yang harus dijaga sesuai azas pemilu kita yaitu Langsung Umum Bebas dan Rahasia.

Ketua Bappilu DPW PPP Sulsel Rizal Syarifuddin mengatakan, temuan PPP terkait faktualisasi dukungan perseorangan, ada upaya teratruktur dan massif menggiring opini masyarakat bahwa dukungan IYL – Cakka tidak valid karena KTP yang diberikan untuk di Faktualisasi oleh KPU tanpa sepengetahuan pemiliknya.

“Ada partai tertentu yang membangun opini masyarakat indikatornya semua yang menyatakan diri merasa tidak memberikan KTP-nya untuk IYL-Cakka adalah kader atau pengurus partai tertentu, seperti di Palopo, Luwu Utara, Bone, Selayar dan Pangkajene Kepulauan,” tutur Rizal, Kamis (14/12/2017).

Selanjutnya dari pemantauan lapangan PPP, kata Rizal, jika terkait faktualisasi dukungan Danny – Indira sudah 15% yang terfaktualkan. Khusus Kota Makassar faktualisasi dukungan perseorangan yang dilakukan PPS tampak diganggu oleh oknum-oknum tertentu.

“Sesuai dengan PKPU tahun 2017, faktualisasi yang dilakukan PPS hanya melibatkan LO dan pendamping pasangan calon, tetapi temuan dilapangan ada oknum masyarakat yang ikut memfoto, mencatat, memprovokatori masyarakat dan mempengaruhi masyarakat untuk tidak mengakui dukungannya yang sebenarnya secara sadar masyarakat memberikan KTPnya sebagai bukti dukungan kepada Dany-Indira,” urai Rizal.

Untuk itulah, PPP merekomendasikan kepada KPU untuk meminta bantuan keamanan dari kepolisian untuk membantu PPS dalam menjalankan tugasnya memfaktualisasi dukungan masyarakat makassar.

Sebagai catatan, faktualisasi dukungan masyarakat sesuai dengan tahapan KPU akan berakhir pada tanggal 25 Desember 2017.

(gunawan songki/pojoksulsel)



loading...

Feeds

lutra, luwu utara, adv pemkab lutra, adv lutra, bupati lutra, indah putri indriani, bupati cantik

Bupati Lutra: SOP Wajib Dipublikasikan

STANDAR Operasional Prosedur (SOP) adalah kumpulan peraturan yang dibuat untuk mempermudah seseorang/kelompok/organisasi dalam bekerja. Dalam instansi pemerintahan, SOP berfungsi untuk …