POJOK HOAX: Tersengat Ulat di Pohon Mangga Ini, 4 Jam Tewas?

Kabar palsu tentang ulat maut. (Facebook)

Kabar palsu tentang ulat maut. (Facebook)

POJOKSULSEL.com – Musim panen buah mangga tahun ini tidak hanya diramaikan pedagang buah di jalanan. Kabar menghebohkan juga ikut muncul. Yaitu, adanya binatang langka yang sangat berbahaya dan biasanya hidup di daun pohon mangga. Binatang itu mirip ulat, tapi tidak begitu terlihat.

Kabar tersebut tersebar melalui posting-an status Facebook yang kemudian disebarkan ulang. Akun Sutoto Grd menulis status peringatan kewaspadaan akan bahayanya binatang tersebut.

”Orang yang terkena gigitan binatang itu secara langsung, umumnya akan wafat setelah 4 jam akibat dehidrasi. Sangat berbahaya sekali,” tulisnya.

Dia juga memberikan peringatan kepada siapa pun yang tinggal di dekat pohon mangga agar tidak sampai terkena binatang mematikan itu. Apalagi ulat tersebut menyerupai daun sehingga tidak begitu terlihat.

Informasi, adanya binatang itu disebut bersumber dari grup WhatsApp Kementerian Kesehatan.

Berdasar penelusuran di sejumlah literatur, ulat sebagaimana ditunjukkan dalam gambar itu bernama ulat baron. Binatang tersebut memiliki kemampuan berkamuflase paling sempurna. Ketika berada di daun, bentuknya mengikuti permukaan daun, nyaris tidak terlihat.

Apakah berbahaya? Ternyata tidak. Memang bulu ulat itu bisa membuat kulit gatal, panas, atau bahkan perih. Tapi, tidak sampai membuat orang yang tersenggol meninggal dalam waktu empat jam karena dehidrasi.

Ulat baron atau yang sering disebut Baron Caterpillar bahkan tidak termasuk dalam daftar ulat yang mematikan.

(eko/gun/c6/fat/JPC/pojoksuksel)



loading...

Feeds