Media Siber Menjamur, Aru: Kadang Kita Tidak Tahu Mau Konfirmasi Kemana

Diskusi Terbuka bertajuk 'Pilkada dan Menjamurnya Media Siber' oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Warkop Phoenam, Boulevard, Makassar, Kamis (14/12/2017).

Diskusi Terbuka bertajuk 'Pilkada dan Menjamurnya Media Siber' oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Warkop Phoenam, Boulevard, Makassar, Kamis (14/12/2017).

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar Farukh M Betta mengaku terkadang ia merasa bingung, ketika ada pemberitaan yang ingin ia klarifikasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Aru, sapaan akrab Ketua DPRD Makassar ini acara Diskusi Terbuka bertajuk ‘Pilkada dan Menjamurnya Media Siber’ oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Warkop Phoenam, Boulevard, Makassar, Kamis (14/12/2017).

Menurut Ketua DPD II Golkar Kota Makassar ini, bahwa dampak dari menjamurnya banyak media siber (Online) di Sulsel sebenarnya sangat bermanfaat, namun di sisi lain juga terkadang sangat merugikan narasumbernya.

“Misalnya dia (Media Online) salah satu media membuat berita terkait diri kita, kemudian menurut kita, pemberitaan itu tidak sesuai fakta, nah pada saat itu kita ingin melakukan klarifikasi, nah kita bingun, karena nama media itu baru didengar dan kantornya dimana,” eluh Aru.

Perihal itu, kata Aru, dampak dari menjamurnya media siber yang tidak terferivikasi oleh Dewan Pers. Sehingga produk jurnalistik yang dihasilkan tidak sesuai dengan kaidah jurnalistik.

“Kita ini menginginkan media yang terverifikasi oleh lembaga resmi yang resmi juga yakni dewan pers,” tutur Farukh M Beta.

SMSI sendiri mencatat di Sulsel telah ada 113 domain media online namun yang terperifikasi oleh Dewan pers tak sampai 50 persen.

“Dalam data dewan Pers, di Sulsel sendiri hanya ada 4 media yang terferivikasi secara faktual dan hanya 12 yang terferivikasi administrasi oleh dewan pers,” beber Rasyid Alfarizi selaku Ketua SMSI Sulsel.

(gunawan songki/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Appi-Cicu Rancang Program Pro Rakyat

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi mendapat sambutan hangat dari warga dibeberapa wilayah di Kecamatan …
Menko Polhukam Wiranto. IST

Wiranto Sebut Kini Hanura Ada Dua Kubu

POJOKSULSEL. com – Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto mengaku kaget dengan realitas yang terjadi di internal partai yang dirintisnya pada 2006 silam. …