Kadisdik Ismunandar Larang Buku Ini Beredar di Makassar, Alasannya…

Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Ismunandar.

Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Ismunandar.

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar melarang penggunaan buku mata pelajaran IPS Kelas VI A SD terbitan Yudhistira. Larangan tersebut terkait protes masyarakat seputar konten buku yang kontroversial.

Larangan itu tertuang dalam surat Dinas Pendidikan Kota Makassar dengan nomor 421/7237/Dikdas/DP/XII/2017. Surat yang dikeluarkan tanggal 13 Desember 2017 ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Ismunandar dan ditujukan kepada para kepala UPTD pendidikan kecamatan, pengawas SD, serta kepala SD negeri maupun swasta se-Makassar.

“Berdasarkan kondisi tersebut maka diinstruksikan dan diperintahkan untuk ditarik dan dikembalikan kepada penerbit sekaligus tidak dapat digunakan lagi sebagai buku mata pelajaran di sekolah paling lambvaat 18 desember 2017,” demikian salinan isi surat edaran tersebut.

Melalui surat edaran itu, Ismunandar sekaligus menjelaskan perihal larangan buku mata pelajaran IPS Kelas VI A SD terbitan Yudhistira. Buku yang mengacu pada Kurikulum 2006 (KTSP) itu memicu pro-kontra dengan isu yang sensitive.

Pada Bab III yang membahas tentang Benua-benua di Dunia, tepatnya di halaman 51, disebutkan bahwa Negara Israel beribukota Yerusalem. Sedangkan Negara Palestina tidak memiliki ibukota.

“Diharapkan tidak memesan buku mata pelajaran maupun buku referensi kepada penyalur dan distributor, sebelum mendapatkan rekomendasi dari Tim Telaah Buku Pelajaran dan Tematik oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar,” demikian lamjutan surat edaran yang ditandatangani Ismunandar.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Appi-Cicu Rancang Program Pro Rakyat

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi mendapat sambutan hangat dari warga dibeberapa wilayah di Kecamatan …
Menko Polhukam Wiranto. IST

Wiranto Sebut Kini Hanura Ada Dua Kubu

POJOKSULSEL. com – Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto mengaku kaget dengan realitas yang terjadi di internal partai yang dirintisnya pada 2006 silam. …