Ryad Pastikan Pernyataan Dukungan KTP Bupati Bone ke IYL-Cakka PALSU!

Surat dukungan Andi Fahsar M Padjalangi palsu beredar

Surat dukungan Andi Fahsar M Padjalangi palsu beredar

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – GEGER! Pilgub Sulsel 2018 dipastikan akan panas. Baru saja memulai tahapan, berbagai isu dan informasi serta temuan menjadi bahan perdebatan.

Usai terungkapnya sejumlah dokumen dukungan jalur perseorangan yang disinyalir palsu di Pangkep, kini beredar nama Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi juga dicatut sebagai pendukung pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) di Pilgub Sulsel 2018.

Diketahui, pasangan dengan tagline Punggawa Macakka itu maju melalui jalur perseorangan dan telah menyetorkan dokumen jumlah dukungan kepada KPU Sulsel.

Hari pertama tahap verifikasi faktual yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), beredar foto surat pernyataan dukungan atas nama Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi tersebut.

Andi Fahsar M Padjalangi selain sebagai bupati, juga ketua DPD II Golkar Bone. Adalah hal yang kurang bisa diterima akal jika dia rela memberikan surat dukungan itu kepafa kandidat IYL-Cakka. Padahal ada pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar yang didukung Golkar dimana dia sebagai ketua Golkar di Bone?

Pun menadatanganinya? Selain itu, apakah mungkin tim pasangan IYL-Cakka tidak melakukan verifikasi internal sebelum menyetor data itu ke KPU Sulsel sebagai syarat dukungan.

Dalam bundel dukungan dari Bone, ada nama bupatinya di sana, Andi Fahsar M Padjalangi apakah tim IYL Tidak memeriksanya? Informasi ini masih sumir.

Informasinya, awal isu ini bersumber dari tim kandidat lain yang juga akan maju di Pilgub Sulsel. Beberapa keanehan dalam surat itu, tidak disertai tanggal penadatanganan dan tanda tangan bupati yang tidak biasa.

Selain itu, nama Andi Fahsar Padjalangi yang tidak memakai salah satu gelarnya. Dalam adat Bugis Bone, Andi Fahsar Padjalangi masih memiliki satu gelar kebangsawanan, yakni Baso, yang memang jarang digunakan dalam penulisan. Olehnya itu, Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi di Bone lebih dikenal dengan nama Puang Baso yang merujuk pada gelarnya itu.

Hanya saja memang harus ditelisik, apakah benar surat penyataan itu juga masuk di KPU Sulsel atau hanya dibuat-buat saja. Saat ini sementara verifikasi KPU, bagaimana caranya data itu bisa keluar ke publik? Jika benar data itu ada?

Mengkonfirmasi dukungan tersebut, Ryad Baso Fahsar, selaku saudara Andi Fahsar Padjalangi, mengungkapkan, jika dokumen surat tersebut adalah palsu. Bahkan, tanda tangan pada lembar pernyataan itu juga dipalsukan.



loading...

Feeds