Ini Makanan yang Efektif Turunkan Gula Darah

ilustrasi

ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Diabetes diam-diam menyerang tubuh masyarakat perkotaan yang gemar hidup tak sehat. Makanan tinggi gula, garam, dan lemak memicu penyakit diabetes tipe 2 dengan mudah. Kadar gula darah yang tinggi, dipicu dengan stres dan tumpukan pekerjaan, membuat seseorang berisiko terkena penyakit ini.

Jaga pola makan adalah kunci menghindari diabetes. Sebab jika sudah terkena, maka komplikasinya bisa macam-macam. Dari mulai ginjal, stroke, penyakit pembuluh darah, kebutaan, amputasi, hingga meninggal dunia.

Diabetisi perlu disiplin dalam menjaga pola makan. Jika masih sehat pun tetap harus menjaga pola makan agar kadar gula darah tetap stabil. Sebab banyak orang tak menyadari dirinya terkena diabetes. Dilansir dari Boldsky, ada 15 makanan dan rempah yang bisa dikonsumsi untuk mengatur kadar gula darah supaya stabil.

1. Kayu Manis
Kayu manis adalah rempah yang membuat cita rasa makanan lebih lezat. Rempah ini bisa mengatur kadar gula darah. Pasien diabetes bisa mengonsumsi 1-6 gram kayu manis atau setengah sendok teh bubuk kayu manis selama 40 hari dan bisa mengurangi gula darah hingga 24 persen.

2. Perasan Lemon
Lemon kaya sumber serat dan vitamin C yang bisa mengatur kadar gula darah. Perasan lemon bisa mengurangi kadar guka darah 8-12 persen. Peras setengah lemon lalu minum satu sendok setiap pagi.

3. Gandum
Gandum utuh penting bagi pasien diabetes sebagai pengganti nasi. Tidak hanya untuk tetap mengatur kadar gula darah namun juga memberi nutrisi penting. Biji-bijian utuh terdiri atas serat, vitamin, dan mineral ditemukan di sejumlah produk seperti roti, tortilla, maupun sereal.

4. Minyak Zaitun
Orang yang menderita diabetes tipe 2, sebaiknya memasak makanan dengan minyak zaitun karena bisa menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Minyak zaitun mengganti lemak jenuh dengan yang tidak jenuh.

5. Kacang-kacangan
Untuk camilan malam boleh ambil semangkuk kacang termasuk kenari, pistachio, kacang mete, macadami, dan kacang almond. Makanan ini baik untuk jantung.

6. Ubi
Ubi jalar bisa menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes. Ubi kaya akan serat dan mengandung indeks glikemik rendah. Ubi jalar dapat dengan cepat mengatur kadar glukosa darah dan tetap terkendali. Makanlah dua kali atau tiga kali dalam seminggu.

7. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada romaine, kecambah, terdiri atas antioksidan dan magnesium yang bisa menurunkan potensi risiko diabetes. Selanjutnya, kehadiran polifenol dan vitamin C menambah manfaatnya.

8. Yogurt
Manfaat mengonsumsi yogurt bisa mengontrol berat badan dan memberi karbohidrat serta protein berkualitas tinggi. Yogurt mencegah kenaikan kadar gula dalam tubuh. Selain itu, kalsium dari yogurt baik dikonsumsi tiap hari.

9. Berries
Berries seperti blueberry, raspberry, stroberi, dan blackberry adalah buah lezat yang memiliki pemanis alami dan bisa mengatur kadar gula darah.

10. Whey Protein
Penelitian mengungkapkan bahwa protein whey dapat membantu mengendalikan diabetes tipe 2. Mengkonsumsi protein whey setiap pagi menurunkan kadar gula darah dan mengendalikan nafsu makan dan berat badan.

11. Kacang Polong
Kacang polong dapat membuat diet diabetes menjadi lebih sehat. Kacang polong atau buncis bisa mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang banyak terjadi pada pasien diabetes tipe 2. Selain itu, kacang polong memiliki kadar glikemik rendah, yang tidak meningkatkan kadar gula darah.

12. Teh Hijau
Teh hijau bisa memperbaiki lingkar pinggang. Teh hijau juga baik bagi metabolisme gula darah dalam tubuh, terutama pada kasus pasien diabetes tipe 2 yang sensitif. Diabetisi disarankan minum teh hijau dua kali sehari untuk mengendalikan diabetes.

13. Buah Jeruk
Buah jeruk seperti jeruk bali dan jeruk mengandung antioksidan dan vitamin A dan C dan membantu dalam menjaga pemeriksaan kadar glukosa.

14. Biji Fenugreek
Biji fenugreek adalah biji utuh yang bisa digunakan untuk memasak sebagai rempah. Bisa mengurangi kadar gula darah yang tinggi.

15. Kunyit
Kunyit bersifat antibakteri dan dipercaya sebagai obat herbal yang mujarab. Kunyit juga baik bagi diabetisi. Makan mentah-mentah dengan madu asli setiap pagi. Maka bisa menyehatkan pasien diabetisi.

(ika/ce1/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds