Rekam Jejak Rivalitas Ronaldo Vs Messi, Ini Data dan Faktanya

Rivalitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sudah mengakar sejak satu dekade silam. (AFP)

Rivalitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sudah mengakar sejak satu dekade silam. (AFP)

POJOKSULSEL.com – Cristiano Ronaldo baru saja mengalahkan Lionel Messi dalam perebutan gelar Ballon d’Or 2017. Sukses itu membuat Ronaldo kini menyamai perolehan lima trofi Ballon d’Or milik Messi. Selain itu, daftar rivalitas kedua pemain pun semakin panjang dengan sederet rekor yang sudah dipecahkan.

Seperti diketahui, rivalitas Ronaldo dan Messi dalam memperebutkan label pemain terbaik di muka bumi sudah dimulai sejak hampir satu dekade silam. Berhuli saat Ronaldo membawa Manchester United meraih titel Community Shield, Premier League, Liga Champions, pada 2007-2008.

Setelah melengkapi musim itu dengan raihan Golden Shoe, simbol top skorer liga-liga di Eropa, Ronaldo kembali membawa Red Devils berjaya di ajang Community Shield, Premier League, Piala Liga Inggris, dan Piala Dunia Antarklub, pada 2008-2009. Bahkan, pemain asal Portugal tersebut menyempurnakan musim dengan raihan gelar Ballon d’Or perdananya.

Pada musim yang sama, Messi pun berhasil membawa Barcelona berjaya dengan raihan treble winners berkat trofi juara di pentas La Liga, Copa Del Rey, dan Liga Champions. Prestasi Messi bersama klub lebih mentereng pada musim tersebut.

Pada musim 2009-2010, rivalitas semakin kental seiring keputusan Ronaldo hijrah ke Real Madrid. Alhasil, perseteruan kedua pemain semakin terasa mengingat dua tim yang dibela merupakan seteru abadi dan kerap saling sikut di berbagai pentas.

Sial bagi Ronaldo, awal musim bersama Real Madrid tidak dilalui dengan mulus. Messi muncul mendominasi dengan raihan trofi Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, La Liga, dan Piala Dunia Antarklub. Dua gelar individu pun disabet, yakni Golden Shoe serta Ballon d’Or.

Tiga musim setelahnya, Messi benar-benar menunjukkan keperkasaannya di atas Ronaldo. Pada 2010-2011, Ronaldo memang mampu tampil sebagai top skorer Eropa dan mempersembahkan gelar Copa Del Rey untuk Real Madrid. Namun, Messi lebih mengilap dengan torehan gelar Piala Super Spanyol, La Liga, dan Liga Champions, serta Ballon d’Or keduanya.

Semusim berselang, Ronaldo akhirnya bisa membawa Real Madrid berjaya di kancah La Liga. Akan tetapi, itu satu-satunya gelar yang diraih pemain asal Portugal tersebut. Sementara, Messi justru dengan bangga memamerkan trofi Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, Copa Del Rey, Piala Dunia Antarklub, serta dua gelar individu Golde Shoe dan Ballon d’Or.

Pada awal musim 2012-2013, Ronaldo seolah sudah siap merebut dominasi Messi dengan membawa El Real memenangi duel lawan Barcelona di ajang Piala Super Spanyol. Akan tetapi, pada akhir musim Ronaldo justru harus gigit jari. Tak ada gelar tambahan baginya. Bandingkan dengan Messi yang menutup musim dengan gelar juara La Liga serta raihan Golden Shoe dan Ballon d’or keempatnya.

Namun, bukan Ronaldo namanya jika mudah menyerah begitu saja dengan takdir. Kegemilangan Messi justru membuatnya semakin terlecut untuk kembali berprestasi. Benar saja, dalam dua musim beruntun, 2013-2014 dan 2014-2015, Ronaldo mencapai prestasi gemilang.



loading...

Feeds

Appi-Cicu Rancang Program Pro Rakyat

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi mendapat sambutan hangat dari warga dibeberapa wilayah di Kecamatan …
Menko Polhukam Wiranto. IST

Wiranto Sebut Kini Hanura Ada Dua Kubu

POJOKSULSEL. com – Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto mengaku kaget dengan realitas yang terjadi di internal partai yang dirintisnya pada 2006 silam. …