Tidak Puas Hasil Pilkades, DPRD Lutim Sarankan Tempuh Jalur Hukum

HM Sarkawi A Hamid menerima aspirasi warga

HM Sarkawi A Hamid menerima aspirasi warga

POJOKSULSEL.com, LUWU TIMUR – LSM Aspirasi menggelar aksi unjuk rasa terkait pemilihan kepala desa (pilkades) Baruga, Kecamatan Malili di depan Kantor DPRD Luwu Timur, Rabu (06/12/2017).

Mereka mendesak para wakil rakyat untuk menindak lanjuti penyelesaian perselisihan pilkades Baruga beberapa waktu yang lalu. Pasalnya menurut pendemo, perselisihan yang telah dilakukan mediasi tersebut hingga kini belum tuntas.

Ketua Komisi I DPRD Luwu Timur, HM Sarkawi A Hamid yang menerima aspirasi mereka kemudian merima perwakilan pengunjuk rasa dan mengajak berdialog di Ruang Banggar DPRD Luwu Timur.

Saat menerima aspirasi, Sarkawi didampingi oleh Anggota DPRD Abdul Munir Razak dan I Made Sariana. Hadir pula dari salah satu Calkades Sangkala, Ketua LSM Aspirasi Nasrum Naba, beberapa perwakilan warga dan Kapolsek Malili AKP Nur Adnan.

Sangkala salah seorang perwakilan pengunjuk rasa menjelaskan bahwa pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) belum menyelesaikan perselisihan pilkades Baruga. Olehnya itu dirinya menuntut agar persoalan ini dapat segera dituntaskan. Walaupun telah melalui tahap mediasi namun hasilnya tetap belum selesai.

Ia pun mendesak DPRD Luwu Timur untuk mengeluarkan rekomendasi agar mendesak pemda membatalkan atau menunda pelantikan yang tengah berlangsung.

Ketua Komisi I DPRD Luwu Timur HM Sarkawi mengatakan rekomendasi DPRD yakni melakukan mediasi atau pendekatan menyelesaikan perselisihan. Namun bila mediasi tidak berjalan lancar maka mempersilahkan untuk mengambil langkah hukum jika memiliki bukti dan saksi yang kuat.

“Bila yakin ada penyimpangan dalam pilkades, dan mediasi tidak membuahkan hasil. Maka dipersilakan menempuh jalur hukum,” ujar Sarkawi.

DPRD sebelumnya pernah menerima penyampaian aspirasi yang sama perihal pilkades Desa Baruga, kali ke-2. Selain pilkades Baruga, pilkades lakawali pantai juga menuntut hal yang sama yakni pilkades ulang.

Dalam pilkades Baruga dimenangkan oleh Roy Mursyam, dan telah dilantik secara resmi bersama 19 Kades lainnya langsung oleh Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler di Gedung Simpurusiang Desa Puncak Indah Kec Malili, Luwu Timur.

(Tommy Setiawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds