KPU Verifikasi Faktual Dukungan IYL-Cakka, Bawaslu Awasi Ketat

Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi

Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel mengaku telah memegang salinan berkas dukungan jalur perseorangan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL- Cakka) yang mencalonkan diri di Pilgub Sulsel 2018.

Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi mengatakan, perihal distribusi bukti dukungan, pihaknya juga mengantongi salinan, sehingga akan menjadi acuan untuk mengawasi KPU, mulai distribusi hingga berjalannya verifikasi faktual di lapangan.

“Kami itu pada proses distribusi juga dapat salinan dokumen yang sama yang didistribusi ke kabupaten/kota,” ungkap Laode, Kamis (7/12/2017).

Laode Arumahi juga menegaskan, Bawaslu akan melakukan pengawalan ketat terhadap pendistribusian bukti dukungan pasangan IYL-Cakka ke KPU Kabupaten/Kota. “Berkas dukungan ini akan kita kawal hingga rekapitulasi di KPU Sulsel,” katanya.

Ia menjelaskan, pada saat verifikasi faktual, Panwas akan selalu berdampingan dengan KPU. Pihaknya juga melibatkan tim pasangan calon untuk menyaksikan verifikasi tersebut.

“Tentu sama-sama nanti difaktualkan. Di situ juga ada Panwas, dan disitu juga tim pasangan calon dan KPU,” terang Laode.

Panwas kabupaten/kota, kata dia, memiliki peran besar pada saat verifikasi faktual di lapangan. Begitu juga dengan Panwas Kecamatan yang terlibat langsung melakukan pengawasan.

“Jadi semua kita libatkan semua, karena kita belum punya PPL di bawah, jadi semua Panwascam dan staf sekretariat juga turun. Semua temuan akan dilaporkan langsung ke Bawaslu,” kunci dia.

Sekadar diketahui, untuk Pilgub Sulsel 2018, sementara ini, baru pasangan IYL-Cakka yang mendaftar di jalur perseorangan. Diperkirakan, Pilgub Sulsel akan diikuti beberapa pasangan, di antaranya pasangan yang sudah mendeklarasikan pasangan, yakni Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) dan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS).

Sementara Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang yang disebut-sebut juga akan maju di Pilgub Sulsel 2018 belum mendeklarasikan siapa pasangannya.

(gunawan songki/pojoksulsel)



loading...

Feeds