Ini 8 Klub yang Lengkapi 16 Besar Liga Champions Eropa Musim 2017/2018

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Setelah Grup A hingga D memastikan wakil-wakil yang lolos ke 16-besar Liga Champions 2017-2018, giliran Grup E hingga H yang sudah komplet. Laga pamungkas di 4 grup terakhir dihelat pada Kamis (7/12/2017) dini hari WIB. Tak ada kejutan yang berarti lantaran klub yang berpeluang lolos akhirnya memastikan tiket 16-besar.

Dari Grup E, Liverpool yang hanya butuh satu poin, secara perkasa mampu menang dengan skor telak 7-0 atas tamunya, Spartak Moskva. Kemenangan itu membuat mereka mengoleksi 12 angka dan kokoh sebagai juara grup. The Reds ditemani Sevilla yang mengumpulkan 9 angka usai bermain imbang kontra Maribor.

Spartak sendiri masih melanjutkan petualangannya di Eropa lewat Liga Europa lantaran berada di peringkat ketiga.

Kejutan kecil terjadi di Grup F saat Manchester City kalah di markas Shakhtar Donetsk dengan skor 1-2. Tim asuhan Josep Guardiola itu gagal meraih rekor sempurna di fase grup. Meski begitu, Man City tetap sebagai juara grup dan pendampingnya adalah Shakhtar, klub dari Ukraina. Shaktar mengumpulkan 12 poin.

Di satu sisi, Napoli memang tidak pantas lolos. Pada laga fase grup terakhir, tim asuhan Maurizio Sarri itu kalah 1-2 di kandang Feyenoord. Ini menjadi kemenangan pertama Feyenoord di fase grup Liga Champions musim ini. Napoli sendiri meneruskan kiprahnya di Eropa musim ini lewat jalur Liga Europa.

Sementara itu, FC Porto akhirnya memastikan menjadi pendamping Besiktas usai menang telak atas AS Monaco. Besiktas mempertahankan rekor tak kalah usai menang di kandang RB Leipzig. Klub debutan asal Jerman itu sendiri melanjutkan kiprah di Eropa lewat Liga Europa.

Dari Grup H, Real Madrid dan Tottenham Hotspurmenutup fase grup dengan kemenangan. Di satu sisi, meski kalah di kandang Madrid, Dortmund masih bisa melanjutkan petualangan di Eropa lewat Liga Europa usai menempati peringkat ketiga. Kendati memiliki poin sama dengan APOEL Nikosia dan head to head juga imbang, Dortmund lebih baik dalam selisih gol. Tim asuhan Peter Bosz itu yang berhak atas peringkat ketiga.

Klasemen Akhir Grup E Hingga H Liga Champions 2017-2018
Grup E
1. Liverpool (12 poin) – 16 Besar
2. Sevilla (9 poin) – 16 Besar
3. Spartak Moskva (6 poin) – ke Liga Europa
4. Maribor (3 poin)

Grup F
1. Man City (15 poin) – 16 Besar
2. Shakhtar Donetsk (12 poin) – 16 Besar
3. Napoli (6 poin) – ke Liga Europa
4. Feyenoord (3 poin)

Grup G
1. Besiktas (14 poin) – 16 Besar
2. FC Porto (10 poin) – 16 Besar
3. RB Leipzig (7 poin) – ke Liga Europa
4. AS Monaco (2 poin)

Grup H
1. Tottenham Hotspur (16 poin) – 16 Besar
2. Real Madrid (13 poin) – 16 Besar
3. Borussia Dortmund (2 poin) – ke Liga Europa
4. APOEL (2 poin)
*Borussia Dortmund lebih baik dari APOEL dalam selisih gol

(epr/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds