Gatot Yakin Hadi Tjahjanto Bisa Jaga Netralitas TNI

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Marsekal Hadi Tjahjanto. (Gunawan Wibisono/JawaPos.com)

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Marsekal Hadi Tjahjanto. (Gunawan Wibisono/JawaPos.com)

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yakin calon penggantinya Marsekal Hadi Tjahjanto mampu menjaga netralitas TNI dalam menghadapi tahun politik.

Netralitas TNI ‎sangat diperlukan dalam penyelenggaran Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019. Hal tersebut supaya TNI tidak terjadi saling mendukung pasangan tertentu.

“‎Kami yakin bahwa Pak Hadi mampu memimpin khususnya menghadapi tahun politik,” ujar Gatot saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (6/12).

Menurut Gatot, walaupun Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Panglima TNI dari kalangan Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan juga Angkatan Udara (AU), dirinya tetap yakin bahwa militer bisa menjaga sikap netral di tahun politik nanti.

“Karena sama saja, me‎ngawal pesta demokrasi di tahun politik,” katanya.

Lebih lanjut, ungkap Gatot, Maresekal Hadi Tjahjanto juga sudah paham benar dengan daerah-da‎erah konflik di tahun politik.

Oleh sebab itu perlu menjaga keamanan di daerah-daerah tersebut supaya penyelenggaraan Pilkada bisa berjalan lancar. “Saya pikir Pak KSAU sudah paham betul dari kostelasinya,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan pensiun dari karier militernya pada Maret 2018 nanti. Saat ini pun surat pergantian Gatot juga sudah diajukan oleh Preisden Jokowi dengan menunjuk KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengantarkan koleganya Hadi Tjahjanto ke DPR. Di hadapan awak media dia mengatakan, diantarkannya Hadi Tjahjanto ini menunjukan bahwa semua matra TNI siap dipimpin oleh Angkatan Udara (AU).

“Saya hanya mengantar saja, dan menunjukan KSAL dan KSAD siap dipimpin oleh Pak Hadi,” ujar Gatot saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/12).

Gatot menegaskan, diantarnya Hadi Tjahjanto ini juga sebagai bukti dirinya siap memberikan tongkat kepemimpinan jabatan Panglima TNI ke kolegannya itu. “Jadi begitu disetujui saya ikhlas tngkat estafet ini saya berikan ke Pak Hadi,” katanya. (jpc/pojoksulsel)



loading...

Feeds

unhas, bentrok unhas, bentrok di unhas, mahasiswa unhas bentrok

Bentrok di Unhas, Liat Foto-fotonya

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bentrok terjadi di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (15/12/2017). Belum diketahui …