Salah Ketik Surat Calon Independen, KPU Palopo Disorot

Ilustrasi KPU

Ilustrasi KPU

POJOKSULSEL.com, PALOPO  – Sejumlah kalangan di Kota Polopo Sulawesi Selatan menyoroti Kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo. Mereka menyesalkan terjadinya salah ketik dalam surat berita acara yang dikirimkan ke bakal calon independen Buya-Togelangi. Di mana tertulis pada hari ini Senin tanggal Dua Puluh Tujuh Bulan November Tahun Dua Ribu Delapan Belas, padahal baru tahun 2017.

Advokat sekaligus dosen Ilmu Hukum Unanda Palopo Harla Ratda SH menilai, kesalahan tersebut sangat fatal. Implikasi Hukumannya berat dan fatal jika sudah menjadi keputusan (produk hukum) dan dikeluarkan. Jika dipermasalahkan secara hukum kelak oleh pihak terkait ralat bukan solusi penyelesaian.

Oleh karena itu, lanjut Harla,  kedepannya staf lebih berhati-hati meneliti dokumen sebelum disposisi untuk ditandatangani pimpinan. Agar proses Penyelenggaraan Pilkada Kota Palopo lebih baik.

IST

Sementara hal senada diungkapkan Abdul Rahman Nur pemerhati hukum dan akademisi bahwa kesalahan yang dikeluarkan oleh KPU Palopo itu adalah kesalahan fatal. Terlebih lagi, ini soal kredibilitas institusi.

“Terkait dengan Surat Berita Acara yang dikirimkan ke Bapaslon Independen , terkait salah ketik. Jelas disini ada semacan kekurangcermatan,” terang Abdul Rahman

Menanggapi hal tersebut salah seorang Komisioner KPU Palopo melalui komentar akun Facebook dan Whatshapp menyampilaikan permintaan maaf 

” Ini sdh diperbaiki, kesalahan ada pada kami di KPU Kota Palopo, dan telah dilakukan perbaikan yang disampaikan kembali ke bapaslon dan panwaslu kota palopo, mohon maaf atas kesalahan ini, kami hanya manusia biasa yang penuh dengan kehilafan dan kesalahan, dan secara teknis ini sepenuhnya adalah tanggungjawab saya sebagai ketua divisi teknis penyelenggaraan pilkada, ” ujar Samsul Alam. 

(bayu/pojoksulsel)



loading...

Feeds