Parepare Kota Percontohan Tertib Ukur, Satu-Satunya di Indonesia Timur

Walikota Parepare HM Taufan Pawe menerima piagam penghargaan, menjadikan Parepare sebagai Kota Tertib Ukur satu-satunya kota di  Indonesia Timur.

Walikota Parepare HM Taufan Pawe menerima piagam penghargaan, menjadikan Parepare sebagai Kota Tertib Ukur satu-satunya kota di Indonesia Timur.

OPTIMISME Walikota Parepare HM Taufan Pawe ditetapkannya Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai kota tertib ukur telah terbukti.

Sebelumnya, Taufan Pawe memang menyatakan optimistis Kota Parepare mendapat predikat sebagai Kota Tertib Ukur di Indonesia 2017‎.

‎”Ini sebuah kebanggaan tentunya, kami mendapat predikat sebagai kota tertib ukur tahun 2017,” tulis Kabag Humas Pemkot Parepare Amarun Agung Hamka, Senin (4/12/2017).

Dia menjelaskan, predikat Kota Tertib Ukur diberikan langsung oleh pihak Kementrian Perdagangan Republik Indonesia.

“Hanya ada enam daerah yang berhasil meraih predikat itu, termasuk kota kita, Parepar‎e,” ucap Hamka.

Hamka menambahkan, predikat Kota Tertib Ukur adalah kepercayaan dari pemerintah pusat atas indikator bermacam-macam. Seperti jumlah pasar, jumlah pedagang yang memiliki timbangan, data pelanggan listrik, air dan banyak data lain.

“Jadi, ini melalui penilaian ‎yang dilakukan oleh pihak Kementrian perdagangan, kota kita termasuk memenuhi unsur dan ketentuan sehingga kami ditetapkan sebagai kota tertib ukur,” katanya.

Predikat itu, kata dia, dicapai tidak lepas dari komitmen Walikota Parepare yang ingin menjadikan kota ini sebagai kota yang maju diberbagai sektor, termasuk disektor perdagangan.

Selain itu, makna dari penghargaan Daerah tertib ukur kata mantan Lurah Labukang, itu dikarenakan para pedagang di Kota Parepare telah memberikan apa yang menjadi hak pembeli untuk menggunakan alat ukur yang jujur.

Pemkot Parepare juga, kata dia, selama ini telah membimbing kehidupan perdagangan dan pasar yang jujur. Kesahihan transaksi perdagangan merupakan bentuk perlindungan konsumen.

“Kita jadi contoh kota tertib ukur, tidak mudah menjadi suatu kota yang ditunjuk sebagai kota tertib ukur, butuh kerja sama dan sinergitas dengan seluruh stokholder terkait,” ungkap Hamka.

Selain Kota Parepare, Piagam Penghargaan berdasarkan keputusan Menteri Perdagangan telah meresmian Kabupaten Kolaka, Kota Denpasar, Kota Padang Panjang, Kota
Tangerang, dan Kabupaten Deli Serdang, sebagai Daerah Tertib Ukur Tahun 2017.

(sps/pemkotpare/pojoksulsel)



loading...

Feeds