Dinas Kesehatan Imbau Warga Konsumsi Protein

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah T Azikin. | DOK. POJOKSULSEL

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah T Azikin. | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan Kota Makassar mencatat penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (Ispa) masih cukup tinggi di Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan Makassar dr Naisyah Tun Azikin mengatakan data laporan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sedikitnya ratusan warga Makassar yang datang ke Puskesmas mengeluhkan mengalami gangguan saluran pernafasan.

“Dalam sehari itu sedikitnya dua sampai tiga orang datang ke Puskesmas berobat karena ISPA,” ujar dr Naisyah, Senin (4/12/2017).

Penyakit ISPA itu meliputi penderita dengan keluhan sakit tenggorokan, pilek, batuk, dan demam.

Penyakit ini kata Naisyah dipicu karena alergi cuaca, atau dehidrasi dari tubuh manusia akibat beraktivitas di bawah terik sinar matahari.

Untuk pencegahannya, dr Naisyah menyarankan kepada warga Makassar untuk melakukan pola hidup sehat, dengan memakan -makanan berprotein seperti sayur ikan dan buah, selain itu terhindar dari asap rokok.

Di Makassar tercatat sebanyak 46 Puskesmas yang berada di 15 Kecamatan yang ada di Makassar, termasuk di Pulau.

Di Puskesmas warga Makassar bisa datang berobat tanpa dipungut biaya, dengan catatan warga tersehut benar warga Makassar. Sebab, setiap pelayanan akan berdasar dengan Kartu Tanda Kependudukan (KTP) seseorang.

Jam kerja Puskesmas itu dari hari Senin sampai Sabtu. Setiap Puskesmas dilengkapi tiga sampai empat dokter umum.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds