Deviden PD Parkir 2018 Naik Rp1 Miliar

ilustrasi parkir

ilustrasi parkir

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Komisi B DPRD Makassar menaikkan target deviden yang wajib disetorkan perusahaan daerah (PD) Parkir kepada Pemkot Makassar pada tahun anggaran 2018 mendatang.

Besaran targetnya naik hingga empat kali lipat dibanding tahun 2017, yang hanya Rp 560 juta. “Kami di Komisi B bersepakat untuk menaikkan target deviden yang harus direalisasikan PD Parkir pada tahun 2018,” jelas Anggota Komisi B, Irwan Djafar, Senin (4/11/2017).

Irwan menyebut, PD Parkir harus mampu menyetor deviden Rp 1 milyar. Pasalnya, potensi pendapatan cukup besar jika dihitung dari total sarana parkir yang masuk dalam pengelolaan PD Parkir.
“Seperti pelataran, toko, itukan banyak sekali. Kalau semua itu dimaksimalkan jangankan 1 miliar, PD Parkir bahkan bisa menyetor lebih dari itu,” kata Irwan.

Jika dilihat dari jumlah perparkiran di Makassar, idealnya, PD Parkir bisa memberikan deviden kepada pemkot Makassar sebanyak Rp 6 miliar. “Hanya saja selain banyak kebocoran di mana-mana, regulasi memang yang jadi kendala,” jelas Irwan.

Hal tersebut lantaran, pengelolaan keuangan internal PD Parkir yang mengacu pada kebutuhan. “Jadi yang disetorkan itu ketika ada sisa dari biaya operasional yang diperoleh dari pendapatan. Harusnyakan pembagiannya 70 per 30,” jelasnya lagi.

Selain PD Parkir, Perusda lainnya juga ditarget harus menaikkan deviden. Seperti PDAM dari Rp35 milyar, wajib menyetor Rp37 miliar pada tahun 2018. Demikian halnya dengan PD Pasar dari Rp500 juta naik menjadi Rp700 juta.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds