Port Run 2017, Pelindo Catat Rekor MURI Peserta Terbanyak

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- PT Pelabuhan Indonesia Persero berhasil mencatat rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dalam event Pelindo IV Port Run, dengan kategori Peserta Terbanyak yang digelar serentak di empat kota, Medan, Jakarta, Surabaya dan Makassar, Minggu (3 Desember 2017).

Corporate Secretary PT Pelindo IV yang juga Ketua Panitia Pelindo IV Port Run Iwan Sjarifuddin mengatakan, dalam event ini MURI mencatat secara total jumlah peserta yang ikut kategori 10 K dan 5 K Putra Putri yang serentak dilakukan oleh Pelindo I (Medan), Pelindo II (Jakarta), Pelindo III (Surabaya) dan Pelindo IV (Makassar).

“Pelindo Port Run merupakan event yang dilaksanakan dalam rangka HUT Pelindo ke-25 yang dirayakan setiap 1 Desember. Nah untuk tahun ini, Pelindo mengadakan Pelindo Port Run serentak di empat kota dengan total target 14.000 peserta,” kata Iwan.

Jumlah itu, kata dia, dicatat dan masuk dalam Rekor MURI sebagai Peserta Terbanyak. 

Khusus untuk Pelindo IV Port Run, kata Iwan, ditargetkan 2.500 peserta untuk kategori 10 K dan 5 K Putra Putri.

Dalam event skala Nasional ini, Pelindo IV menyediakan hadiah berupa uang tunai bagi Juara I, II dan III masing-masing untuk kategori 10 K dan 5 K Putra dan Putri. Selain itu, disiapkan pula medali dan sertifikat bagi 250 pelari pertama yang berhasil mencapai garis finish.

“Sengaja kami hanya menyediakan 250 medali dan sertifikat karena sesuai moment HUT Pelindo IV ke-25,” kata Iwan.

Selain uang tunai, medali dan sertifikat, setiap peserta Pelindo IV Port Run, juga berkesempatan untuk mendapatkan doorprize yang disiapkan oleh panitia, yaitu total ada 250 doorprize sesuai moment HUT Pelindo IV ke-25.

“Event ini terbuka untuk umum, bukan hanya diikuti oleh atlet lari saja karena memang bukan kompetisi, melainkan untuk menyemarakkan HUT Pelindo IV ke-25, sehingga bisa diikuti oleh peserta umum, mitra, termasuk pegawai Pelindo IV,” kata Iwan.

Dia menyebutkan, pelari 10 K dan 5 K Putra dan Putri menempuh rute yang berbeda dalam Pelindo IV Port Run. Untuk pelari 10 K Putra Putri, menempuh rute start dari Lapangan Parkir Kantor Pusat Pelindo IV lalu ke Jalan Nusantara, Tentara Pelajar, Jalan Bandang, Jalan Mesjid Raya, Jalan Urip Sumoharjo – memutar di bawah Fly Over – Jalan Gunung Bawakaraeng – Jalan Gunung Latimojong – Jalan Andalas – Jalan Nusantara dan finish di Lapangan Parkir Kantor Pusat Pelindo IV.        

Sedangkan untuk pelari 5 K Putra Putri, menempuh rute start dari Lapangan Parkir Kantor Pusat Pelindo IV – Jalan Nusantara – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Bandang – Jalan Veteran Utara – Jalan Gunung Bawakaraeng – Jalan Gunung Latimojong – Jalan Andalas – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Nusantara dan finish di Lapangan Parkir Kantor Pusat Pelindo IV.

Meski gratis menurut Iwan, setiap peserta lari tetap mendapatkan racepack dari panitia yang berisi antara lain t-shirt, nomor dada, nomor doorprize dan di setiap 2,5 km disediakan tempat untuk minum para peserta lari.

Sementara itu, Koordinator Acara Pelindo IV Port Run yang juga Assistant Corporate Secretary of Corporate Communication PT Pelindo IV Hasrullah menambahkan bahwa khusus Pelindo IV Port Run akan dipantau dan dicatat langsung oleh Senior Manager MURI, Jusuf Ngadri yang telah tiba di Makassar sejak Sabtu, 2 Desember 2017.

“Kegiatan ini juga akan ditayangkan langsung dari 4 kota, yaitu Medan, Jakarta, Surabaya dan Makassar melalui Live Streaming,” ujarnya.        

Demi tetap menjaga sportivitas, Pelindo IV melibatkan PB PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Sulawesi Selatan. “Jadi mengenai tata aturan dan penjurian, panitia Pelindo IV Port Run sepenuhnya menyerahkan kepada PB PASI yang menyiapkan sekitar 20 orang untuk tim juri,” katanya.

Selain itu, pihak panitia juga bekerjasama dengan Polrestabes Makassar dan Dinas Perhubungan Kota Makassar untuk kelancaran event Pelindo IV Port Run.

Secara internal, diharapkan melalui kegiatan ini akan menimbulkan semangat positif, utamanya bagi seluruh karyawan Pelindo IV untuk terus berkarya dan meningkatkan kinerja.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds