Khusus Wanita, Ini Lho Penyebab Bau Tak Sedap pada Miss V

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Kesehatan area intim wanita penting. Untuk itu, Miss V harus selalu dijaga kebersihannya. Saat Miss V terasa gatal dan beraroma tak sedap, maka tak boleh dianggap remeh. Pasalnya, area tersebut memang lebih rentan karena kondisinya yang lembab.

Dokter Spesialis Obgyn (obstetrics and gynecology) dari Los Angeles Nita Landry menjelaskan setiap perempuan memiliki aroma Miss V yang khas. Tetapi, ketika aromanya berubah menjadi bau tak sedap, pasti ada sesuatu yang salah di area intim tersebut.

Landry menjelaskan bau tak sedap jangan dianggap remeh. Sebab, jika baunya semakin menyengat disertai rasa gatal dan tak nyaman, bisa jadi itu akan menyebabkan keputihan dalam waktu lama.

“Peningkatan jumlah keputihan dan tidak tahu mengapa sebabnya, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter sebelum diaplikasikan pakai macam-macam. Sebab bisa mengindikasikan bakteri atau jamur, atau bahkan penyakit infeksi menular seksual,” katanya seperti dilansir dari Pop Sugar.

Berikut sejumah penyebab aroma tidak sedap pada Miss V, menurut Landry;

1. Infeksi Bakteri
Jika area Miss V berbau amis maka bisa jadi penyebabnya adalah infeksi bakteri. Bisa diatasi dengan pemberian antibiotik. Landry meyakini vaginosis bakteri yang tidak menular secara seksual, biasanya berhubungan dengan keputihan tanpa iritasi.

“Pada dasarnya, infeksi terjadi ketika keseimbangan bakteri di Miss V terlalu banyak bakteri jahatnya untuk mengalahkan yang baik. Bisa semakin memburuk setelah berhubungan seks jika tak diobati,” tuturnya.

2. Infeksi Jamur
Infeksi jamur juga bisa menjadi biang keladi aroma tak sedap di area Miss V. Infeksi jamur dapat diobati dengan krim atau pil yang diresepkan oleh dokter. Gejalanya juga disertai rasa gatal, iritasi, dan atau kemerahan pada Miss V.

3. Ada Sesuatu yang Tersumbat
Perempuan sering lupa mengganti pembalut. Itu berbahaya karena pembalut yang lupa diganti bisa menyebabkan iritasi. Lalu ada pula penyebab lainnya, misalnya alat bantu sex (sex toys) yang terlalu lama ada dalam area Miss V.

4. Penggunaan Kondom
Penggunaan kondom pada pria ternyata bisa mempengaruhi area Miss V jika tak cocok. Salah satunya bisa menyebabkan aroma tak sedap pada beberapa orang yang lebih sensitif terhadap bahan tertentu.

5. Keringat
Produksi keringat lebih banyak, ternyata juga bisa menyebabkan bau tak sedap. Cara mengatasinya, gunakan air hangat untuk mencuci bagian luar Miss V dan bagian lipatannya. Sebaiknya dalam kondisi ini lebih baik gunakan pakaian dalam dengan berbahan katun.

6. Infeksi Menular Seksual
Di antaranya gonore, trikomoniasis, dan klamidia, juga bisa dikaitkan dengan aroma tak sedap pada Miss V. Selain itu ditambah dengan keputihan berwarna hijau dan bisa menyebalkan gatal, sampai perdarahan.

Selain bau amis, bisa juga berbuih atau berbusa, dan mengalami rasa sakit dan kesulitan saat buang air kecil, nyeri atau perdarahan yang tidak normal. Kondisi ini tentu sangat berbahaya dan harus segera dikonsultasikan kepada dokter.

(ika/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds