Ini Manfaat Jalan Kaki bagi Ibu Hamil

Ilustrasi (Pixabay)

Ilustrasi (Pixabay)

POJOKSULSEL.com – Mitos rajin berjalan kaki atau berolahraga membuat ibu hamil (bumil) lebih mudah menjalani proses persalinan.

Hal ini pun banyak dilakukan oleh ibu hamil.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dari Rumah Sakit Asih, Jakarta, dr. Benny Johan, SpOG menjelaskan bahwa secara statistik seorang bumil bisa melahirkan secara normal dan hanya 10 persen bumil dengan kondisi tak bisa melahirkan normal.

Beberapa kondisi tidak normal tersebut, di antaranya panggul ibu yang sempit, posisi bayi lintang, dan bayi sungsang. Tetapi, selebihnya bumil bisa menjalani persalinan normal. Demikian jelas Benny dalam talkshow “Mitos atau Fakta? Di Seputar Kehamilan dan Persalinan” bersama PT. Cordlife Persada di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (2/12).

Lalu kaitannya dengan berjalan kaki, menurut Benny hal itu tentu dianjurkan. Bumil juga sebaiknya tetap menjaga kebugaran fisiknya baik berjalan kaki atau berolahraga. Dengan berolahraga, proses persalinan akan menjadi lebih lancar dan lebih cepat.

“Rasa nyeri pun berkurang, pemulihan lebih cepat. Murah meriah pula kan olahraganya jalan kaki,” kata Benny sambil tertawa.

Namun, ia mengingatkan agar olahraga yang dipilih selama kehamilan harus dikonsultasikan dengan dokter. Dengan maksud, menghindari olahraga yang bisa memicu kontraksi.

“Justru Moms akan ‘marathon’ finalnya nanti setelah melahirkan normal. Sebab, saat melahirkan normal, tubuh fisik dan mental harus siap,” ujarnya.

Lebih lanjut, Benny juga mengingatkan agar bumil menjaga pola makan disamping berolahraga. (ika/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds