Sisi Aneh dan Misterius Gunung Agung

Penampakan Gunung Agung inilah yang membuat banyak orang bertanya-tanya. Padahal, paginya tercatat tremor menerus oversvale.

Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Bernadus Wisnu Widjaja menyebut Gunung Agung “sangat baik.”

Sebab pada saat banyak warga di kawasan rawan bencana yang belum mengungsi, Gunung Agung “hanya” memberikan peringatan seakan-akan terus meminta warga menjauh dan membuat mereka tak nyaman di rumah.

Misalnya, erupsi berupa hujan abu vulkanik, bau belerang hingga lontaran batu. Bahkan gempa tremor overscale.

“Gunung Agung ‘sangat baik’. Selalu mengingatkan dengan bau belerang, tidak meletus. Sampai overscale tapi tidak meletus,” terangnya.

Berkaca dari gunung di daerah lain, tremor overscale biasanya gunung langsung meletus hebat. Namun Gunung Agung beberapa kali mengalami overscale tapi tidak meletus dahsyat.

“Overscale biasanya langsung meletus, di sini gak. Saya kira gunung ini ‘ramah’. Saya kira letusan besar, tapi ramah. Bolak-balik mengingatkan. Gempa bumi sampai 900 kali, tapi tidak meletus,” beber Wisnu.

Melihat beberapa kali peringatan tersebut, pihaknya berharap ada kesadaran warga yang masih bertahan di zona merah, memahami risiko bencana. Jangan sampai terjadi saat situasi genting baru teriak meminta evakuasi.



loading...

Feeds

Appi-Cicu Rancang Program Pro Rakyat

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi mendapat sambutan hangat dari warga dibeberapa wilayah di Kecamatan …
Menko Polhukam Wiranto. IST

Wiranto Sebut Kini Hanura Ada Dua Kubu

POJOKSULSEL. com – Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto mengaku kaget dengan realitas yang terjadi di internal partai yang dirintisnya pada 2006 silam. …