POJOK JUMAT : Meneladani Rasulullah dengan Menjadikan Rumah Sebagai Surga

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, MAROS – Peringatan maulid nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1439 H jatuh pada hari Jumat (1/12/2017). Momen maulidurrasul tersebut dijadikan sebagai materi khutbah Jumat oleh Kasim Siddig di Masjid Nurussamawat Lanud Sultan Hasanuddin.

Kasim Siddig mengangkat sebuah cerita ketika suaatu waktu sepulang dari perang, nabi Muhammad SAW didatangi oleh sahabatnya Umar bin Khattab di rumahnya sambil menangis. Menyaksikan Umar meneteskan air mata, nabi Muhammad lalu bertanya penyebab Umar menangis di hadapannya.

Umar lalu menjelaskan, bahwa dia tidak sanggup melihat kekasih Allah tidur di rumahnya dengan dipan beralaskan tikar. Mendengar penjelasan itu Rasulullah lalu berkata kepada Umar bahwa rumahku adalah surgaku. Surgaku adalah rumahku.

Kasim Siddig menjelaskan, kalimat jawaban Rasulullah atas pertanyaan Umar bin Khattab mesti menjadi teladan bagi umat Islam, dengan menjadikan rumah mereka sebagai surga bagi keluarga.

“Rasulullah banyak memanfaatkan rumahnya untuk mengaji, melaksanakan salat sunnat, dan berzikir kepada Allah. Itulah alasan kenapa rumah Rasullullah bagaikan surga,” kata Kasim Siddig.

Selain itu, Kasim Siddig mengatakan, istri Rasulullah Aisyah sering melihat Rasulullah salat sunnat sangat lama. Dan dalam suatu waktu Aisyah melihat Rasulullah mengaji sangat lama. Begitu pun saat Rasulullah berzikir di rumahnya.

Aisyah pun memberanikan diri bertanya kepada nabi Muhammad atas aktivitas ibadahnya yang begitu lama dan tenang. Sementara di sisi lain Allah telah menjaminnya masuk surga. Bahkan pintu surga terbuka lebar bagi nabi Muhammad.

Menjawab pertanyaan Aisyah, nabi Muhammad mengatakan bahwa ibadahnya yang banyak itu adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah.

“Jawaban Rasullulah kala itu adalah kalau kamu (Aisyah) melihat saya banyak beribadah kepada Allah. Itu tanda syukur saya kepada Allah SWT,” kata Kasim Siddig di hadapan jamaah salat Jumat.

Kasim Siddig mengajak para jamaah salat Jumat untuk meneladani perilaku Rasulullah yang selalu menjadikan rumahnya sebagai surga. Dan bentuk kesyukuran Rasulullah kepada Allah SWT dengan banyak beribadah.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

unhas, bentrok unhas, bentrok di unhas, mahasiswa unhas bentrok

Bentrok di Unhas, Liat Foto-fotonya

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bentrok terjadi di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (15/12/2017). Belum diketahui …