Baca Nih, Beda HIV dan AIDS

Ilustrasi HIV AIDS

Ilustrasi HIV AIDS

POJOKSULSEL.com – Banyak orang yang tertular HIV namun tidak menyadari dirinya tertular.

Setiap orang memiliki risiko terinfeksi HIV. Mereka dengan perilaku berisiko disarankan untuk memeriksakan diri sedini mungkin.

Misalnya mereka yang menggunakan narkotika suntik bergantian, berhubungan seks berganti- ganti pasangan atau sesama jenis, hingga penggunaan jarum tidak steril pada transfusi atau tato.

“HIV adalah penyakit gangguan immune. Beda dengan autoimmune di mana kekebalan tubuh menyerang sel tubuhnya sendiri. HIV itu immunocompromise, kekebalan tubuh drop,” kata

Disease Prevention Expert yang juga CEO dari In Harmony Vaccination dr. Kristoforus Hendra Djaya SpPD kepada JawaPos.com, Jumat (1/12).

Kristoforus menjelaskan, ketika virus HIV masuk dan menyerang kekebalan tubuh seseorang, maka perlahan akan membunuh sel kekebalan tubuh. Setelah beberapa tahun, kekebalan tubuh akan mulai drop.

“Sehingga beberapa kuman, virus, dan parasit yang tadinya hanya hidup bersamaan dengan tubuh, mulai mengambil kesempatan untuk menyerang, ini yg dinamakan dengan infeksi oportunistik,” jelasnya.

Saat infeksi oportunistik mulai terjadi, kata dia, itulah yang namanya kondisi sindrom imundefisiensi akuisita atau dalam dalam bahasa Inggris disebut Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS).

AIDS adalah suatu sekumpulan gejala penyakit yang diperoleh akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh infeksi HIV.

Jadi, AIDS muncul setelah HIV menyerang sistem kekebalan tubuh manusia untuk waktu yang lama.

Saat ini terdapat sekitar 620 ribu orang hidup dengan HIV di Indonesia, dan 77 ribu di antaranya saja yang mendapatkan obat ARV.

Setiap tahun terdapat sekitar 48 ribu infeksi baru, dan sekitar 38 ribu pasien yang meninggal akibat AIDS.

“Jadi perbedaannya, penderita HIV butuh waktu 5-10 tahun hingga menjadi AIDS, jika tidak diobati. Setelah menderita AIDS, kondisinya akan drop dengan cepat,” pungkas Kristoforus.

(ika/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds

unhas, bentrok unhas, bentrok di unhas, mahasiswa unhas bentrok

Bentrok di Unhas, Liat Foto-fotonya

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bentrok terjadi di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (15/12/2017). Belum diketahui …