ALAMAK… Hercules TNI AU Selundupkan 797 Botol Vodka

Ilustrasi pesawat Hercules milik TNI AU. Dok JPNN

Ilustrasi pesawat Hercules milik TNI AU. Dok JPNN

POJOKSULSEL.com, WAMENA – Nama baik TNI AU tercoreng dengan ditemukannya 797 botol minuman keras merk Vodka, yang diduga diangkut oleh pesawat Hercules C-130, di Bandara Wamena, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengatakan, terungkapnya penyelundupan ratusan botol vodka itu setelah anggotanya curiga terhadap isi dari ke 32 ember cat, yang baru diturunkan dari pesawat Hercules TNI AU.

“Pesawat Hercules tiba di Wamena, Rabu (29/11) dari Merauke dengan membawa berbagai barang kebutuhan masyarakat seperti sembako, semen, dan minuman kemasan serta ember cat yang ternyata berisi minuman beralkohol jenis vodka,” ungkap Kamal.

Dari hasil penyelidikan, polisi mengungkap pemilik ratusan minuman keras itu berinisial AS (38). Diketahui, saat ini, sebanyak 797 botol vodka dan AS sudah diamankan di Mapolres Jayawijaya di Wamena.

Jajaran TNI AU pun tak tinggal diam. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Jemi Trisonjaya mengatakan, saat ini POM TNI AU Merauke sedang melaksanakan penyelidikan kasus itu. “Tentunya hal ini, sangat merugikan nama baik TNI AU,” kata Jemi dalam keterangan tertulis, Jumat (1/12).

Jemi menuturkan, apabila hasil penyelidikan POM TNI AU di Marauke itu terbukti ada keterlibatan oknum TNI AU, maka akan dilakukan penindakan tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dalam lingkungan TNI.

“KSAU sudah menekankan dan menegaskan ke seluruh Pangkotamaops dan Danlanud jajaran untuk tidak main-main dengan angkutan udara, karena apabila diketahui ada yang bermain, maka konsekuensi personel tersebut akan di proses sesuai aturan hukum yang berlaku,” tegas Jemi.

Jemi juga menturukan, saat ini pesawat C-130 Hercules tetap fokus untuk mendukung kebutuhan angkutan bantuan logistik Pemda Papua dan masyarakat pedalaman di Papua sesuai surat permohonan Pemda Papua untuk dukungan angkutan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, terkait pesawat Hercules C-130, kata Jemi, pesawat tersebut juga biasa dipakai dengan misi kemanusiaan. (rdw/jpc/pojoksulsel)



loading...

Feeds