Tambah Frekuensi Baru, Telkomsel Naikkan Tarif Internet?

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Dalam waktu dekat ini, Telkomsel akan segera mengoperasikan tambahan spektrum 30 MHz pada frekuensi 2,3 GHz.

Pita frekuensi ini akan digunakan untuk layanan 4G LTE dengan teknologi Time Division Duplex (TDD).

Perusahaan pelat merah itu menjamin dengan kehadiran frekuensi baru ini, pelanggan Telkomsel akan mendapat akses internet lebih cepat.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah menjelaskan, kecepatan internet Telkomsel 4G LTE dengan TDD tersebut akan melonjak sangat signifikan.

“Pelanggan akan mendapatkan experience baru yang luar biasa,” katanya di Telkomsel Smart Office, Jakarta, belum lama ini.

Namun, dengan meningkatnya kecepatan internet ini, apakah juga akan berimbas pada tarif yang akan dibebankan kepada konsumen?
Mengingat nilai investasi yang digelontorkan demi menambah spektrum baru ini senilai Rp 1,007 triliun atau dua kali lipat di atas harga dasar yang ditetapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Ririek memastikan bahwa tarif Telkomsel tidak akan berubah meski ‘si merah’ ini telah menambah layanan spektrum baru. “Tarif itu kan disesuaikan oleh banyak hal, tapi bukan dari spektrum,” jelasnya.

Dia justru menilai setelah kecepatan internet meningkat, hal yang biasanya akan terjadi adalah konsumsi data yang akan meningkat jadi lebih tinggi.

Hal itu, menurut Ririek, akan terjadi secara natural. Sejauh ini pihaknya belum menghitung berapa potensi kenaikan konsumsi data yang bakal terjadi setelah menerapkan 4G LTE TDD tersebut.

“Namun berdasarkan pengalaman perpindahan dari jaringan 3G ke 4G beberapa waktu lalu, ada kenaikan konsumsi data antara 20-30 persen. Saya belum yakin (ada kenaikan konsumsi data berapa persen) tapi potensial ada,” pungkas Ririek. (ryn/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds

unhas, bentrok unhas, bentrok di unhas, mahasiswa unhas bentrok

Bentrok di Unhas, Liat Foto-fotonya

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bentrok terjadi di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (15/12/2017). Belum diketahui …