Pleno KPU: Dukungan IYL-Cakka 41 Persen Lampaui Syarat Minimal

Surat keputusan KPU Sulsel terhadap dukunungan pasangan IYL-Cakka yang maju di Pilgub Sulsel 2018 melalui jalur perseorangan.

Surat keputusan KPU Sulsel terhadap dukunungan pasangan IYL-Cakka yang maju di Pilgub Sulsel 2018 melalui jalur perseorangan.

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Berkas dukungan maju jalur perseorangan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) di Pilgub Sulsel 2018 dipastikan memenuhi syarat untuk masuk ke verifikasi administrasi dan faktual.

Itu setelah hasil rapat pleno KPU Sulsel yang digelar secara tertutup di Grand Asia, hingga Pukul 00.20 Wita, Kamis (29/11/2017) dini hari , memutuskan jumlah dukungan perseorangan IYL-Cakka yang diproses jauh melebihi syarat minimal yang ditetapkan KPU.

Dari syarat minimal sekira 480 ribu dukungan KTP, berkas IYL-Cakka yang layak diproses jauh melebihi angka tersebut. Hingga penelitian berkas yang dilakukan selama empat hari, tercatat ada kurang lebih 700 ribu KTP yang diinput.

Selain itu, dari total dukungan yang dijadikan dasar komisioner memproses berkas duet ini, penyebarannya juga sesuai, yakni minimal di 13 kabupaten/kota di Sulsel.

Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief menuturkan, pihaknya sudah menetapkan berkas IYL-Cakka diterima dan layak untuk di verifikasi sesuai tahapan perseorangan yang diterapkan di Pilkada serentak 2018.

“Menetapkan bakal calon gubernur dan wakil gubernur (IYL-Cakka) memenuhi syarat untuk verifikasi administrasi,” kata Iqbal sesuai surat keputusan yang ditandatanganinya.

Hasil penelitian berkas dukungan pasangan bakal cagub-wagub perseorangan, lYL-Cakka disimpulkan jauh melampaui minimal syarat pengusungan paslon perseorangan Pilgub Sulsel.

KPU mencantumkan total dukungan IYL Cakka yang terverifikasi mencapai 686 ribu. Atau melebihi 196 ribu (41 persen) dari syarat minimal dukungan perseorangan Pilgub Sulsel yang dipatok 480 ribu.

Secara nasional, KPU mencantumkan dua paslon bacagub-wagub yang berkasnya bersyarat untuk dilanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Yakni pasangan IYL-Cakka untuk Pilgub Sulsel dan paslon independen Pilgub NTB, Moh Ali Dahlan-Lalu Gede.

Sekadar diketahui, IYL-Cakka menyerahkan bukti fisik 1 juta ke KPU. Hanya saja yang diproses sekira 700 ribu sesuai soft copy yang diserahkan.



loading...

Feeds

unhas, bentrok unhas, bentrok di unhas, mahasiswa unhas bentrok

Bentrok di Unhas, Liat Foto-fotonya

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bentrok terjadi di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (15/12/2017). Belum diketahui …