Raih Predikat Tertinggi, Luwu Utara Wujudkan Mimpi Kabupaten Sehat

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menerima penghargaan 
Kabupaten Sehat Kategori Tertinggi, Swasti Saba Wistara

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menerima penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Tertinggi, Swasti Saba Wistara

PEMERINTAH Daerah Kabupaten Luwu Utara di bawah kepemimpinan Bupati Indah Putri Indriani dan Wakil Bupati Muhammad Thahar Rum kembali mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Tertinggi, Swasti Saba Wistara. Ini sekaligus menambah pundi-pundi penghargaan di lemari prestasi Pemda Luwu Utara.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani bersama Kepala Dinas Kesehatan Andi Muhammad Nasrun dan Ketua Forum Kabupaten Sehat Paulus Palino, Selasa (28/11), menerima Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Tertinggi, Swasti Saba Wistara, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Senyum bahagia terpancar dari wajah ketiganya saat Bupati Indah Putri memperlihatkan Trofi Swasti Saba Wistara. Air muka penuh senyum juga diperlihatkan Kadis Kesehatan Andi Muhammad Nasrum dan Ketua Forum Kabupaten Sehat Paulus Palino saat menerima dua piagam penghargaan. “Alhamdulillah, ini semua berkat doa dan dukungan seluruh masyarakat Luwu Utara serta kerjasama seluruh stakeholder. Ini membuktikan bahwa koordinasi, integrasi dan sinkronisasi berjalan dengan sangat baik di Luwu Utara,” ujar Indah.

Indah mengatakan, raihan ini tidak lantas membuat jumawa. Masih banyak harapan, mimpi dan cita-cita yang mesti diwujudkan, salah satunya adalah menjadikan Luwu Utara sebagai daerah Open Defecation Free (ODF). “Harapan keberlanjutan dari prestasi yang kita dapat ini adalah mempercepat pencapaian Kabupaten ODF 2018, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas hidup (Usia Harapan Hidup) dan lingkungan yang aman dan nyaman,” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Andi Nasrun, menyampaikan rasa syukurnya atas raihan Wistara ini. “Alhamdulillah, tiada ucapan paling indah kita lapazkan kecuali ungkapan syukur kepadaNya, karena atas kerjasama yang baik seluruh stakeholder (tanpa kecuali) yang dibangun selama proses persiapan hingga verifikasi dengan semangat kebersamaan sehingga kita mampu meraih penghargaan tertinggi ini,” ujar Nasrum.

“Smoga penghargaan yang kita raih ini bukan hanya rasa syukur dan bahagia yang kita rasakan tetapi mampu memicu semangat seluruh warga untuk lebih sadar hidup sehat dan kita bertekad dapat mempertahankan pada 2019. Dan atas nama jajaran kesehatan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi. Semoga menjadi amal kebaikan bagi kita smua. Amin,” ujarnya menambahkan.

Total 514 kabupaten/kota sehat yang diverifikasi dengan melalui proses yang sangat ketat. Dari hasil verifikasi muncullah 122 kabupaten/kota sehat yang berhasil lolos dan meraih Penghargaan Swasti Saba dengan rincian Swasti Saba Wistara sebanyak 61 kabupaten/kota, Swasti Saba Wiwerda sebanyak 42 kabupaten/kota dan Swasti Saba Padapa sebanyak 19 Kabupaten/Kota. (rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds