BPJS Kesehatan Rencana Tidak Tanggung Biaya 8 Jenis Penyakit, Ketua MPR Menolak

Kartu Indonesia Sehat (KIS) | INT

Kartu Indonesia Sehat (KIS) | INT

POJOKSULSEL.com – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengaku tidak setuju rencana BPJS Kesehatan yang tidak lagi menanggung delapan penyakit yang selama ini dibiayai. Alasan BPJS Kesehatan itu karena dikabarkan mengalami defisit mencapai Rp 9 triliun.

“Ya tentu sangat disesalkan karena orang sakit bagaimana memilihnya, misalnya saya pilih sakit pilek saja kan enggak bisa,” ujar Zulkifli saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (28/11).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga menambahkan, baiknya delapan penyakit itu tetap dicover oleh BPJS Kesehatan. Sehingga masyarakat terpenuhi kebutuhannya apabila sakit.

“Kan sakit itu enggak bisa milih-milih. Semua orang kan enggak mau sakit,” katanya.

Sekadar informasi dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR pada Kamis (23/11) lalu, BPJS Kesehatan mengeluhkan dengan defisit hingga mencapai Rp 9 triliun ini.

Oleh sebab itu, mereka mewacanakan untuk tidak lagi membiayai delapan penyakit. Itu diantaranya adalah jantung, kanker, gagal ginjal, stroke, talasmis, sirosis, leukemia, dan hemofilia.

Delapan penyakit itu menurut BPJS Kesehatan menjadi penyebab begitu besarnya defisit. Karena pengobatannya berlangsung lama. 

Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek juga sempat menuturkan pembiayaan pasien gagal ginjal saja selama ini sudah mencapai Rp 2,3 triliun.

(cr2/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds